Sukses

Fashion

Adik Jokowi Menikah Kenakan Kain Sidomulyo, Apa Maknanya?

Fimela.com, Jakarta Adik Presiden Jokowi, Idayati, resmi dipersunting Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usmar pada Kamis (26/5/2022) pukul 10.00 WIB. Proses ijab kabul berlangsung di gedung Graha Saba Solo dan dihadiri oleh keluarga, kerabat, serta deretan tamu undangan yang kebanyakan adalah pejabat.

Idayati nampak cantik mengenakan kebaya berwarna krem keemasan dengan desain yang sederhana. Sementara Anwar Usman nampak gagah mengenakan beskap abu-abu tua yang dipadukan dengan kain dan blankon batik.

Busana pernikahan yang dikenakan adik Jokowi itu merupakan garapan dari Chili Kebaya. Mengutip dari Liputan6.com, pemilik Chili Kebaya menuturkan Idayati tidak memiliki permintaan khusus soal kebaya yang ia kenakan untuk pernikahan, Ia hanya meminta desain kebaya yang simpel tapi elegan.

"Tamu beliau awalnya kan sederhana saja, tetapi tidak bisa dihindari kalau acara pernikahan harus besar. Dari desainnya Bu Ida tidak ada permintaan khusus, yang penting cocok beliaunya," kata Hanif Aisyah, istri pemilik Chili Kebaya.

 

Makna motif Sidomulyo

Kebaya maupun beskap yang dikenakan Idayati dan Anwar Usman dipadukan dengan kain batik dengan motif Sidomulyo. Menurut penuturan Hanif Aisyah, penggunaan batik Sidomulyo karena keduanya sudah pernah menikah. Sementara kain batik Sidomukti yang umumnya digunakan untuk pengantin menjadi simbol bagi mereka yang belum pernah menikah.

Motif batik Sidomulyo sendiri merupakan batik khas Keraton Solo, Jawa Tengah. Batik jenis ini biasanya dilukis menggunakan zat pewarna soga alam berwarna cokelat. Menjadikan batik ini sebagai salah satu jenis batik klasik atau kuno.

Sidomulyo terdiri dari kata Sido yang artinya jadi atau terus menerus. Sementara Mulyo memiliki arti mulia atau sejahtera. Sehingga motif batik ini menggambarkan kehidupan yang terus menerus dengan kemuliaan dan kesejahteraan yang meliputi.

 

Outfit Presiden Jokowi

Kebaya pengantin yang dikenakan adik Jokowi ini memiliki model hewes dengan material kain brokat. Sementara beskap yang dikenakan Anwar Usman merupakan model sikepan dengan kain beludru.

Melengkapi busana pernikahannya, Anwar Usman juga mengenakan keris Dhapur Naga Kemayan Luk 5 Tinangguh Mataran Sultan Agung yang berornamen regol bersayap.

"Sebetulnya untuk keris ada beberapa pilihan, tapi oleh keluarga yang paling di hati ya ini. Keris ini koleksi pribadinya Pak Arif (adik ipar Presiden Jokowi)," katanya.

Presiden Jokowi bertindak sebagai wali nikah dari Idayati. Hadir bersama sang istri, Iriana Jokowi, ia mengenakan beskap berwarna hitam yang dipadukan dengan blankon Solo. Ibu negara sendiri tampil cantik dengan kebaya kurung berwarna hijau.

What's On Fimela
Loading