Sukses

Fashion

Hari Lingkungan Hidup Sedunia: H&M Luncurkan Koleksi Pakaian dari Bahan Limbah, Intip Desainnya yang Indah

Fimela.com, Jakarta Tepat Minggu 5 Juni 2022, masyarakat dunia memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diprakarsai oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak 1973. Banyak cara untuk kita berkontribusi untuk bumi yang lebih asri, salah satunya di bidang fashion. 

Brand pakaian ternama, H&M pun dengan bangga mempersembahkan koleksi kelima dalam inisiatif keberlanjutannya, yaitu koleksi “Innovation Stories”.  

Kali ini koleksinya bertema romansa, mengundang para pelanggan untuk jatuh cinta dengan bahan yang terbuat dari limbah. Fashion statement yang menarik dan gaya menggoda yang lembut dipadukan dengan bahan yang digunakan kembali, didaur ulang, dan berdampak rendah ke lingkungan.  Banyak yang terbuat dari pakaian daur ulang, plastik sampah laut, atau bahan limbah lainnya. 

Dimaksudkan untuk dihargai dan dibagikan, potongan-potongan itu dilengkapi dengan label di lapisannya di mana pelanggan dapat menulis pesan yang menyentuh hati ketika mereka ingin memberikannya kepada seseorang yang baru.

“Koleksi ini adalah perayaan cinta, penuh dengan pilihan pakaian yang merasa nyaman untuk dikenakan, bahkan jika itu adalah statement pieces yang dramatis,” ujar Ann-Sofie Johansson, creative advisor H&M dalam siaran pers yang diterima Fimela.com.

Sofie mengatakan jika koleksi ini membuat keluar dari zona nyaman dengan cutting yang berani seperti mantel oversized leopard-print dengan bintik-bintik berbentuk hati dengan bodysuit ketat, atau bersantai dalam set terkoordinasi dengan motif hati yang terinspirasi dengan balon foil.

Memanfaatkan limbah

Koleksi ini sangat menarik karena menggabungkan proporsi yang berani dengan bahan mutakhir yang memanfaatkan limbah untuk menciptakan fashion statement yang indah. Beberapa dari bahan ini adalah yang pertama untuk H&M, termasuk sutra daur ulang, dan AirCarbon™.

Potongan utama adalah gaun, dari gaun malam berbentuk hati permen karet-merah muda hingga mini puff-ball biru pucat dan gaun spike rajutan merah muda, semuanya terbuat dari poliester daur ulang. Sutra daur ulang yang terbuat dari limbah sutra digunakan pada kemeja merah muda berjumbai.

Kalung rantai konvertibel dan anting-anting berlian imitasi menampilkan hati hitam yang terbuat dari AirCarbon™, biomaterial yang dibuat oleh mikroorganisme alami yang menggunakan udara dan karbon dari gas rumah kaca yang akan dibuang ke atmosfer. 

“Tim desain ingin membuat koleksi tentang cinta, keintiman, dan hubungan yang terjalin – tidak hanya dengan satu sama lain, tetapi dengan lemari pakaian kami. Setiap bagian telah dirancang untuk memungkinkan pemakainya mengekspresikan diri mereka yang sebenarnya, dan untuk mengekspresikan nilai-nilai mereka dengan memanfaatkan bahan-bahan yang memerangi pemborosan. Dan begitu mereka mendapatkan semua cinta yang mereka dapat dari karya tersebut, kami berharap mereka akan meneruskannya kepada seseorang yang baru,” kata  Ella Soccorsi, concept designer H&M.

Tentang kampanye

Kampanye ini menangkap energi effervescent dari koleksi, ditata dalam kombinasi berani oleh Ibrahim Kamara dan difoto oleh Rafael Pavarotti dengan set kaleidoskopik oleh Ibby Njoya.

Sebuah film pendamping, disutradarai oleh Albert Moya, merayakan momen unik yang hidup dalam cinta, dari kupu-kupu pertama dari hubungan yang baru lahir hingga kenangan nostalgia yang memudar.

#women for women

What's On Fimela
Loading