Sukses

Fashion

3 Cara Merawat Sepatu Boots Agar Awet dan Tidak Jamuran

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela senang menggunakan sepatu boots saat berpergian? Sepatu boots adalah sepatu yang menutupi kaki hingga mata kaki. Bahkan ada beberapa model sepatu boots yang sampai betis dan pinggang.

Secara umum, sepatu boots terbuat dari bahan karet dan kulit. Namun, zaman sekarang ada banyak sekali model sepatu boots yang bisa digunakan untuk fashion. Sepatu boots memiliki harga yang variatif, mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah. Sepatu boots ini bisa digunakan untuk jalan-jalan, bahkan banyak Idol Korea yang menggunakannya untuk menari.

Cara merawat sepatu boots harus diperhatikan dengan benar. Apalagi jika sepatu boots terkena air hujan atau lumpur. Berikut cara merawat dan membersihkan sepatu boots agar tidak jamuran:

Cara Merawat Sepatu Boots

1. Kenali Bahan Sepatu

Ada banyak bahan yang digunakan untuk sepatu boots. Walaupun kebanyakan sepatu boots terbuat dari karet dan kulit, tetapi ada juga sepatu boots yang terbuat dari beludru dan suede. Setelah mengetahui jenis sepatu boots, maka Sahabat Fimela dapat merawat dan membersihkannya dengan benar. Contohnya, sepatu boots dari kulit dapat dijemur di bawah sinar matahari setelah basah, dan sepatu boots dari suede bisa dilap menggunakan kain setelah terkena air hujan.

2. Bersihkan Setelah Digunakan

Setelah menggunakan sepatu boots, sebaiknya langsung membersihkan sepatu tersebut. Kotoran yang menempel di sepatu boots, bisa menyebabkan munculnya jamur dan merusak lapisan sepatu. Kamu bisa menyikat sepatu boots yang kotor dan kering. Tapi jika sepatu boots terkena air, sebaiknya langsung dijemur saja.

3. Simpan di Tempat yang Kering

Pastikan simpan sepatu boots di tempat yang kering dan tidak lembap. Karena jamur bisa berkembangbiak di tempat yang lembap. Gunakan silica gel untuk menyimpan sepatu boots, agar tidak berjamur dan aromanya tidak bau.

Cara Membersihkan Sepatu Boots

1. Bersihkan Bagian Luar

Cara membersihkan sepatu boots yang pertama adalah dengan membersihkan bagian luarnya. Biasanya bagian luar sepatu boots adalah bagian yang paling sering kotor setelah digunakan. Sebaiknya segera bersihkan menggunakan lap dan sikat setelah menggunakannya.

2. Bersihkan Bagian Dalam

Bagian dalam sepatu boots juga harus dibersihkan. Karena bagian dalam sering kali lembap dan menyebabkan jamur berkembangbiak. Jika bagian dalam sepatu boots tidak dibersihkan, maka bisa menyebabkan kaki bau dan berjamur. Selain membersihkannya, jangan lupa untuk menyemprot parfum dan anti bakteri ke bagian dalam sepatu.

3. Bersihkan dengan Sikat Lembut

Untuk membersihkan sepatu boots, lebih baik gunakan sikat yang lembut. Agar lapisan luar sepatu boots tetap terjaga kualitasnya. Untuk sepatu berbahan suede, Sahabat Fimela bisa menggunakan kain yang lembut saja.

Bahan untuk Membersihkan Sepatu Boots

1. Vaseline

Vaseline adalah bahan yang bisa membantu sepatu boots terlihat lebih mengkilap. Bahan ini juga bisa membantu melembutkan tekstur kulit dari sepatu. Namun, sebaiknya gunakan vaseline setelah mengelap sepatu boots, agar debu dan kotoran tidak menempel di sepatu.

2. Baking Soda

Ternyata bahan dapur juga bisa digunakan untuk membersihkan sepatu boots, seperti baking soda. Baking soda dapat mengangkat kotoran atau kerak yang menempel di sepatu boots yang terbuat dari kulit. Cara menggunakannya cukup mencampurkannya dengan sedikit air, lalu gosok di area sepatu yang kotor.

3. Minyak Kelapa

Sahabat Fimela bisa menggunakan minyak kelapa untuk membersihkan sepatu. Minyak kelapa dapat dicampur dengan cuka, lemon atau baking soda. Selain membersihkan sepatu dan membuat tampak mengkilap, minyak kelapa memiliki fungsi lain untuk mencegah jamur tumbuh di sepatu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading