Sukses

Fashion

Adu Gaya Dian Sastrowardoyo, Maudy Ayunda, hingga Asmara Abigail Kenakan Kebaya untuk Dukung Gerakan ke UNESCO

Fimela.com, Jakarta Semakin banyak pihak yang terus mengajak masyarakat Indonesia dalam melestarikan kebaya. Baru-baru ini sejumlah tokoh dan selebriti tanah air mengajukan kebaya sebagai warisan budaya dunia tak benda ke UNESCO.

Dian Sastrowardoyo adalah salah satu dari deretan aktris yang mendukung gerakan ini. Dalam unggahannya di Instagram, Dian Sastrowardoyo mengajak masyarakat Indonesia untuk melakukan untuk mendukung kebaya.

"Caranya, foto pakai kebaya lalu unggah pada website tradisikebaya.id. Gerakan ini akan dimulai pada tanggal 9 Agustus hingga 9 Desember 2022. Jangan lupa untuk ajak kerabat dan saudara kalian ya," tulisnya dalam keterangan unggahannya.

Situs ini merupakan langkah dari Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) berkolaborasi dengan sejumlah Komunitas Pelestari Budaya, seperti Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI), Yayasan Budaya Nusantara Digital (YBND), Yayasan Kebudayaan Rancage, dan Seluas Tanah Merah (STM) dalam melestarikan kebaya.

Rupanya bukan hanya Dian Sastrowardoyo yang suka mengenakan kebaya. Ada beberapa aktris tanah air, seperti Maudy Ayunda, Andien Aisyah, Asmara Abigail, Anya Geraldine, Tara Basro, Bunga Citra Lestari, dan Adinda Cresheilla. Seperti apa potretnya?

 

1. Dian Sastrowardoyo

Ibu dua anak itu tampil anggun dengan mengenakan kebaya hitam. Dipadukan dengan kain batik sogan dan selendang warna hijau tosca. Tak ketinggalan tas kecil yang ditenteng Dian menambah kesan elegan.

 

2. Maudy Ayunda

Tidak jarang Maudy Ayunda tampil mengenakan kebaya di acara penting. Mulai dari wisuda hingga hari pernikahan, Maudy Ayunda konsisten mengenakan kebaya. Bisa dibilang Maudy Ayunda langganan mengenakan kebaya karya Didiet Maulana.

Salah satunya saat dipercaya menjadi bridesmaid Putri Tanjung, ia mengenakan kebaya kutubaru berwarna ungu dipadukan dengan kain batik berwarna dasar hitam.

 

3. Andien Aisyah

Merespons unggahan Dian Sastrowardoyo, Andien Aisyah turut memamerkan potretnya mengenakan kebaya. Saat manggung di Prambanan Jazz, ibu dua anak ini tampil ayu dengan kebaya brokat berwarna lilac karya Jonathan Andy Tan. Dipadukan dengan kain berwarna dasar senada dan heels yang cantik.

 

4. Anya Geraldine

Sempat menjadi juri di malam final Pemilihan Puteri Indonesia, pesona cantik Anya Geraldine tidak bisa ditolak. Malam itu, ia mengenakan kebaya brokat panjang dengan nuansa hijau dan emas karya Anne Avantie. Anya makin tampak anggun karena rambut yang disanggul berhiaskan mawar merah.

 

5. Tara Basro

Tara Basro beberapa kali menunjukkan kebanggaannya sebagai perempuan Indonesia. Salah satunya dengan mengenakan kebaya. Dalam sebuah unggahan, Tara Basro tampil ayu dengan mengenakan kebaya Bali berwarna beige. Dipadukan dengan bustier berwarna senada dan kain batik dengan warna dasar putih. Ia pun menambah kalung rantai sebagai aksen yang unik dan eksotis.

 

6. Bunga Citra Lestari

Bukan hanya Maudy Ayunda, Bunga Citra Lestari juga sering mengandalkan karya Didiet Maulana untuk tampil anggun mengenakan kebaya. Kali ini, ia mengenakan kebaya kutu baru berwarna biru abu-abu yang dipadukan dengan kain sogan yang dilipit. Penambahan selendang di bahu kanan memberi tambah kesan elegan dan anggun yang klasik.

 

7. Asmara Abigail

Eksplorasi kebaya bukanlah hal baru bagi Asmara Abigail. Beberapa kali ia memilih mengenakan kebaya moden yang memadukan desain kekinian dengan mempertahankan esensi dari kebaya itu sendiri.

Salah satunya saat Asmara Abigail mengenakan kebaya panjang berwarna putih yang dipadukan dengan korset putih. Sebagai sentuhan modern, Asmara Abigail memilih mengenakan rok balon berwarna olive.

 

8. Adinda Cresheilla

Mengikuti ajang Miss Supranational 2022, Adinda Cresheilla menunjukkan pesona kebaya di mata dunia pada sesi kontes Miss Elegance. Ia tampil anggun dengan kebaya merah marun karya Intan Avantie.

Dipadukan dengan selendang batik bermotif Candi Borobudur dan karakter Srikandi yang dijahit di pundak menambah pesonanya. Kebaya itu berpadu dengan rok batik berbelahan panjang di samping kanan.

What's On Fimela
Loading