Sukses

Fashion

Intip Desain Cincin Berlian Seharga Rp1,4 Miliar dari India yang Berhasil Pecahkan Rekor Dunia

Fimela.com, Jakarta SWA Diamonds dari telah memecahkan gelar Guinness World Records yang berkilauan, di Karathode pada 5 Mei 2022 lalu. Produk yang dapat memecahkan rekor tersebut ilaha sebuah cincin berlian.

Melansir laman Guinness World Records, pembuatan cincin dimulai dengan desainnya yang diputuskan oleh tim. Setelah diputuskan, terpilihlah desain jamur tiram merah muda.

Abdul Gafur Anadiyan, Managing Director di SWA Diamonds mengatakan alasan memilih jamur karena melambangkan keabadian dan umur panjang. Dan cincin tersebut diberi nama 'Ami', dalam bahasa Sansekerta diartikan keabadian.

Cara membuat

Untuk mencapai desain yang diinginkan, prototipe cincin pertama kali dibuat menggunakan cetakan plastik dan kemudian dibuat ulang secara digital.

Karena cincin itu unik dalam hal filamen dan desain, SWA Diamonds membutuhkan waktu hampir tiga bulan untuk menyelesaikan desain berbantuan komputer (computer-aided-design/CAD).

Setelah pencetakan 3D, emas cair kemudian dituangkan ke dalam cetakan, didinginkan dan dimasukkan ke dalam bentuk keseluruhan 41 kelopak jamur yang unik.

Dengan dasar yang lengkap, masing-masing berlian kemudian ditempatkan dengan hati-hati dengan tangan di setiap sisi kelopak jamur. Berlian alami digunakan.

Bentuk jamur berornamen itu kemudian ditopang oleh pita melingkar, juga sebagian bertatahkan berlian.

Tersertifikasi

Sesuai dengan pedoman GWR, berlian harus bersumber dari produsen yang disertifikasi oleh Skema Sertifikasi Proses Kimberley (KPCS), yang mencegah berlian "konflik" memasuki pasar arus utama. Setelah cincin selesai, itu harus diverifikasi secara independen.

“Tim ahli berlian independen dan ahli perhiasan yang memenuhi syarat mengevaluasi cincin itu di IGI - Lab Institut Gemologi Internasional," kata Abdul Gafur Anadiyan.

Mereka menggunakan mikroskop untuk menghitung set berlian dan mengevaluasi serta memastikan kejernihan, karat, berat, jenis potongan dan jenis berlian yang digunakan.

Sebanyak 24.679 berlian ditempatkan pada cincin itu, mengalahkan rekor sebelumnya yang dibuat oleh Harshit Bansal pada tahun 2020.

Cincin akhir memiliki berat 340 gram dan menurut SWA Diamonds memiliki nilai £79.967 ($95.243) atau sekitar Rp1,4 Miliar

Cincin pemecah rekor diciptakan untuk menarik perhatian pada merek mereka dan meningkatkan visibilitas untuk pekerjaan mereka. Pengecer India nantinya mengkhususkan diri dalam perhiasan berlian dengan misi membuatnya terjangkau untuk semua.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading