Sukses

Fashion

Tips Memilih Pakaian Berdasarkan Skintone

Fimela.com, Jakarta Memilih pakaian dengan warna netral sering dijadikan opsi bagi perempuan maupun laki-laki. Kamu perlu menyadari warna kulit ketika memilih warna pakaian. Beberapa orang terbagi menjadi tiga warna skintone, seperti warm, cool, dan neutral. Dengan memahami apa skintonemu, dapat membantu menemukan warna pakaian terbaik untuk dipakai.

Banyak orang yang sudah menyadari skintone mereka. Namun banyak pula yang tidak mengetahui skintone mereka. Meskipun warna kulit dapat berubah berdasarkan faktor eksternal, seperti terkena matahari. Namun, warna kulit akan selalu tetap sama.

Dillansir dari healthyvoyager.com dan stylecaster.com, Senin (29/8/2022), menjelaskan terdapat beberapa warna umum berdasarkan skintone.

  • Warm skintone akan terlihat bagus menggunakan perhiasan berwarna emas, sedangkan cool skintone akan terlihat bagus menggunakan perhiasan berwarna perak.
  • Warm skintone dapat menggunakan warna merah, orange, dan kuning untuk memberi kesan hangat. Untuk cool skintone dapat menggunakan warna biru, hijau, atau ungu

Cara mengetahui skintone

Skintone dibagi menjadi 3 kategori, seperti cool, warm, dan neutral. Dengan mengetahui skintone dapat memungkinkan kamu memilih warna yang paling cocok untuk riasan dan pakaian.

  • Pemeriksaan warna: carilah warna yang mencolok dari kulitmu. Orang yang memiliki warm tone memiliki warna yellow, peach, dan gold. Sedangkan cool tone memiliki warna pink, merah, atau biru
  • Cek pembuluh darah: jika warna pada pembuluh darah adalah warna biru atau ungu, maka kemungkinan besar kamu memiliki cool tone, dan jika kamu melihat warna hijau, kamu memiliki warm tone
  • Cek mata: biasanya orang yang memiliki cool tone memiliki mata berwarna biru, abu-abu, atau hijau, dan orang yang memiliki warm tone memiliki mata cokelat,hazel, atau kuning
  • Cek rambut: rambut asli bagi pemilik cool tone ialah warna silver atau abu-abu dan warm tone memiliki warna merah, orange, atau kuning.

Jika kamu tidak bisa mengidentifikasi salah satu skintone dan merasa berada di antara kedua kategori yang sudah dijelaskan, kemungkinan kamu memiliki neutral skintone. Pemilik neutral skintone dapat menggunakan pakaian untuk cool tone maupun warm tone.

Warm Tone

Perempuan maupun laki-laki yang memiliki rambut pirang gelap hingga coklat tua biasanya memiliki warm skintone dengan undertone hijau, kuning, atau emas. Orang dengan kulit zaitun juga memiliki warm skintone. Saat berbelanja di toko baju, carilah warna merah, amber, honey gold, orange, dan golden yellow.

Semua warna tersebut dapat membantu untuk meningkatkan skintone mu. Pilihan warna lainnya termasuk biru dan hijau, magenta, taupe, dan creamy whites. Hindari warna permata dan ataupun warna bernuansa dingin, karena membuat kulit terlihat pucat.

Cool Tone

Pemilik rambut berwarna pirang terang hingga rambut biru-hitam yang sangat gelap mungkin memiliki cool skintone. Pemilik cool tone memiliki blue undertone pada kulit mereka, meskipun tampak sangat gelap atau sangat cerah. Kamu bisa menggabungkan warna pink dan kombinasikan dengan warna abu-abu atau putih. Warna kuning dan orange perlu dihindari bagi pemilik cool tone

Neutral Tone

Kombinasi antara dua macam skintone, memiliki warna rambut cokelat dengan warm tone maupun rambut pirang sedikit keabu-abuan dapat dikatakan sebagai pemilik neutral skintone. Mata cokelat sangat umum pada orang-orang ini karena warna mata berubah dengan warna pakaian yang dipilih. Menentukan apakah skintone yang dimilikinya adalah warm atau cool menjadi sulit.

Namun, orang dengan skintone ini mudah menemukan warna-warna netral yang cocok untuk digunakan. Kamu bisa memilih warna peach muda, jade green, atau warna mawar yang lembut dan tetap hindari warna yang cerah karena akan cenderung menutup skintone, meskipun taupe dan off-white tetap menjadi pilihan yang bagus.

 

*Penulis: Sri Widyastuti.

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading