Sukses

Fashion

Inisiatif Keberlanjutan dari UNIQLO untuk Masa Depan Baru Industri Mode lewat RE.UNIQLO: Remake Project

Fimela.com, Jakarta UNIQLO baru saja memperkenalkan sebuah insiatif terbaru, yaitu Remake Project. Insiatif ini merupakan implementasi keberlanjutan dari program RE.UNIQLO yang tujuannya memfasilitasi siapapun berkontribusi secara signifikan menghijaukan bumi, memberikan kehidupan baru bagi pakaian UNIQLO yang sudah tidak terpakai.

Lewat proyek ini, UNIQLO menghadirkan 40 pakaian upcycled yang sudah didaur ulang dari pakaian yang sudah tidak terpakai. Tujuannya adalah untuk menginspirasi masyarakat agar lebih menghargai pakaian dalam waktu yang lama.

Proyek ini juga mempertegas inisiatif Neighborhood Collaboration sebagai upaya serius memberi kesempatan bagi pelaku bisnis lokal dan UKM agar bisa mengembangkan potensi dan konsep bisnis yang berkelanjutan dan berkontribusi bersama untuk lingkungan. UNIQLO mengumpulkan pakaian UNIQLO yang sudah tidak digunakan dari para pelanggannya lewat RE.UNIQLO box yang disediakan di toko UNIQLO di seluruh Indonesia, untuk kemudian didonasikan kepada yang membutuhkan, hingga didaur ulang menjadi pakaian baru.

 

 

RE.UNIQLO: Remake Project

Di kesempatan ini, UNIQLO juga mengajak Adrie Basuki untuk mendesain 40 pakaian upcycle baru. Diberi tajuk "Godai" yang merepresentasikan lima elemen dalam budaya Jepang, yaitu Bumi, Air, Api, Angin, dan Langit, keseluruhan pakaian yang dihasilkan, melalui proses daur ulang dengan teknik recycle dan upcycle yang materialnya menggunakan sekitar 70% pakaian UNIQLO yang tiak terpakai.

Adrie Basuki merupakan salah satu desainer tanah air yang dikenal kerap menciptakan pakaian dari bahan daur ulang, agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang. Adrie Basuki juga merupakan UKM Kolaborator UNIQLO Neighborhood di toko UNIQLO Botani Square dan Sarinah.

Sebagai bagian dari proyek ini, UNIQLO juga menggandeng Menara Astra sebagai mitra untuk mengumpulkan pakaian-pakaian UNIQLO yang tidak terpakai lewat penempatan box RE.UNIQLO di gedung Menara Astra. Tidak hanya itu, Menara Astra juga menyediakan salah satu area di gedungnya untuk menampilkan hasil karya daur ulang Adrie Basuki.

RE.UNIQLO: Remake Project

Sedangkan bersama Sarinah, UNIQLO juga mengadakan rangkaian seminar bertajuk Sarinah Pandu bagi para pemilik usaha lokal guna menambah peluang mengembangkan konsep bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab. Inisiatif ini sejalan dengan dua dari tiga pilar keberlanjutan UNIQLO, yaitu Planet dan Society.

Lewat RE.UNIQLO: Remake Project ini, UNIQLO ingin mengajak lebih banyak orang menyadari pentingnya konsep keberlanjutan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari sebagai salah satu aksi nyata melindungi bumi, mendukung sesama manusia, dan berkontribusi untuk masyarakat yang diwujudkan dengan pengalaman berbeda. Menarik bukan, Sahabat FIMELA?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading