Sukses

Fashion

Hari Batik Nasional 2022 Diramaikan dengan Pameran Hingga Sukses Raih Rekor Muri

Fimela.com, Jakarta Hari Batik Nasional 2022 jatuh pada hari Minggu (2/10/2022). Perayaan tahun ini kian meriah dengan melibatkan lapisan masyarakat dan ragam aktivitas menarik lainnya. Kali ini, Hari Batik Nasional 2022 ramai dengan Peragaan Busana Batik di catwalk terpanjang yang berhasil raih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dan juga pameran batik oleh para pengrajin. 

Pembukaan pameran menjadi puncak dari Hari Batik Nasional. Agenda dimulai dengan Batik Street Fashion Show di sepanjang Jalan Sudirman dimulai dari Bunderan Senayan dan berakhir di depan Mall FX. Kegiatan seru ini berhasil dicatat oleh MURI sebagai kategori Peragaan Busana Batik dengan Catwalk Terpanjang di CFD sepanjang 600 meter. Hal ini juga diungkapkan oleh Nini Djan Faridz, Ketua Pelaksana Hari Batik Nasional 2022

Gita Pratama yang merupakan Ketua Umum Yayasan Batik Indonesia (YBI) yang merupakan organisasi yang menginisiasi kegiatan ini juga menambahkan jika YBI telah dianugerahi lisensi anggota Non-Governmental Organization (NGO) UNESCO turut mengembangkan visi misi program budaya. 

Batik bisa diandalkan di segala suasana

Melalui rangkaian Hari Batik Nasional, maka YBI juga turut menyebarkan kabar baik tentang pandangan baru kepada masyarakat. Batik kini tak lagi terkesan formal, bahkan batik bisa digunakan oleh siapa saja, anak muda sekalipun. “YBI melalui rangkaian acara Hari Batik Nasional bermaksud untuk sebarkan kabar baik, menyebarkan pandangan baru kepada masyarakat, bahwa batik tidak melulu tentang kegiatan formal, tetapi batik juga bisa dan nyaman untuk dikenakan dalam beragam situasi termasuk kegiatan sehari-hari,” kata Gita.

Rangkaian acara Hari Batik Nasional akan terus berlanjut hingga 9 Oktober 2022. di F(X) Sudirman terselenggara pameran batik yang diramaikan oleh 27 perajin batik. Tak hanya itu saja, tanggal 9 Oktober 2022  juga diselenggarakan pameran batik di Plaza Indonesia, menampilkan koleksi batik milik YBI. 

Pameran batik

Rangkaian acara ini akan diakhiri dengan Pameran Batik yang menampilkan 80 koleksi Batik Nitik di Museum Tekstil (Museum Seni), Jakarta Barat, mulai 12 Oktober 2022. Batik Nitik merupakan koleksi batik asal Daerah Istimewa Yogyakarta. Motif ini menyerupai tenunan dengan nuansa dominan coklat dan memiliki makna kesederhanaan dan kejujuran masyarakat Jawa. Keunikan dari Batik nitik adalah motif batik tulis dengan kisah sejarah dan cara membatik yang berbeda dengan batik yang lain. 

Canting yang digunakan dibelah menjadi 4, dan teknik cara membatiknya dengan diteketuk. Alexandra askandar berharap seluruh rangkaian acara pada Hari Batik Nasional kali ini akan memantik geliat masyarakat untuk terus melestarikan batik dan menjadikan batik sebagai identitas nasional. 

“Semoga inisiatif ini bisa stimulan upaya pengembangan kemitraan dan pelestarian budayam sehingga mengangkat nilai tambah ekonomi dan industri batik Indonesia di masa datang,” katanya.

 

 

 

#Women for Women

What's On Fimela
Loading