Sukses

Fashion

How To: Cara Mudah Memakai Jarum Pentul untuk Hijab

Fimela.com, Jakarta Banyak style hijab yang membutuhkan jarum pentul dalam proses pemakaiannya. Jarum pentul merupakan salah satu barang kecil yang sangat berharga bagi perempuan muslimah, terutama mereka yang berhijab. Namun, bagi para perempuan muslim yang baru saja memutuskan untuk berhijab, terkadang proses memakai jarum pentul pada hijab menjadi sesuatu yang sangat menakutkan. Pasalnya, jika salah sedikit dapat melukai leher ataupun area wajah di sekitar jarum pentul.

Terkadang, jarum pentul juga menjadi salah satu sumber kerusakan pada hijab jika cara pemakaiannya tidak tepat. Kain hijab dapat menjadi bolong dan berakhir tidak bisa dipakai lagi. Oleh karena itu, merangkum dari berbagai sumber, berikut merupakan cara mudah memakai jarum pentul pada hijab agar terhindar dari insiden kecil yang menyebabkan luka hingga rusaknya hijab.

 

Mengapa Perlu Memakai Jarum Pentul pada Hijab?

Melansir dari silqrose.com, pemakaian jarum pentul pada hijab berfungsi untuk menjaga hijab pada tempatnya dan juga membantu perempuan muslim untuk dapat memvariasikan model hijab yang diinginkan. Cara paling umum memakai jarum pentul untuk hijab adalah di bawah dagu. Pemakaian ini mampu membuat hijab tahan dan kuat menutupi kepala. Pemakaian jarum pentul pada hijab juga terkadang digunakan di bagian atas kepala untuk memastikan hijab tidak berantakan selama beraktivitas.

Ada banyak jenis jarum yang biasa digunakan untuk hijab, namun yang paling umum digunakan adalah jarum pentul. Selain kecil dan praktis, jarum pentul juga mudah dipakai untuk hijab yang berbahan tebal. Pemakaian jarum pentul pada hijab juga dapat menjadi salah satu cara untuk meghindari rusaknya kain hijab.

 

Cara Memakai Jarum Pentul pada Hijab

Jarum pentul seringkali dikatakan sebagai alat yang terbaik untuk "penempatan sempurna" hijab di kepala. Hal ini dikarenakan pemakaian jarum pentul untuk membunkus kepala atau menjepit hijab dapat disesuaikan dengan prefrensi keketatan hijab di kepala masing-masing. Melansir dari muskajahan.com, berikut merupakan cara mudah memakai jarum pentul pada hijab:

  • Pakai hijab di sekitar kepala sesuai dengan keinginan.
  • Sematkan dua sisi hijab di bawah dagu dengan tangan.
  • Ambil satu jarum pentul dan pakai di area hijab yang sedang disematkan oleh tangan.
  • Geser jarum pentul ke bawah dan pastikan jarum melewati semua lapisan kain hijab agar aman.
  • Selanjutnya, miringkan jarum ke luar hingga menonjol ke luar, lalu lanjutkan ke bawah lagi di bawah lapisan kain hijab.

Hal yang perlu dicatat adalah jangan menusuk jarum pentul pada ujung hijab karena berpotensi tersangkut sesuatu atau seseorang. Selain itu, perlu diperhatikan bahwa dalam proses pemakaian jarum pentul pada hijab harus selalu menusuk atau menjepit jarum ke bawah. Hal ini dilakukan untuk menghindari dagu atau leher terluka akibat terkena goresan jarum pentul.

 

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading