Sukses

Fashion

Upaya Dorong Eksistensi Modest Fashion Indonesia Lewat IN2MOTIONFEST 2023

Fimela.com, Jakarta Bank Indonesia bersama Kementerian Koperasi dan UKM, dan Kedutaan Besar Republik Indonesia Paris mendukung Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) yang diselenggarakan Indonesia Fashion Chamber (IFC) pada tanggal 2 September 2023 di ajang Paris Front Row dengan tema “Weaving Sustainability into Modest Fashion with Wastra Indonesia”.

Dalam acara ini, desainer lokal memamerkan kekayaan budaya Indonesia melalui item fesyen di kancah internasional. IN2MOTIONFEST dicanangkan pertama kali sebagai ajang modest fashion terbesar nasional dan visinya menjadi rujukan dunia pada Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-9 tahun 2022. Kegiatan ini juga merupakan perwujudan upaya pemerintah dalam menjaga pertumbuhan ekonomi nasional.

Selain itu, IN2MOTIONFEST akan dihadirkan dalam berbagai ajang fesyen dunia dan menjadi bagian utama dalam ISEF ke-10 pada 25-29 Oktober di Jakarta. Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung menekankan bahwa IN2MOTIONFEST tidak hanya menampilkan kekayaan produk modest fashion Indonesia, tetapi juga gaya hidup halal Indonesia ke pasar global, yang bertujuan untuk mengakselerasi terwujudnya Indonesia sebagai hub industri halal global.

Modest Fashion Indonesia

Indonesia kini berdiri sebagai pemimpin global dalam industri halal, dan modest fashion juga telah berkembang menjadi salah satu bidang utamanya. Bahkan, dalam laporan State Global Islamic Economy Report 2022, menunjukkan Indonesia berada di peringkat ke-3 dunia setelah Uni Emirat Arab dan Turki dalam sektor modest fashion. Oleh karena itu, sebagai salah satu sektor utama dalam industri halal dengan potensi yang melimpah, modest fashion perlu terus dikembangkan.

Mohamad Oemar, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Prancis menyampaikan bahwa Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia berkomitmen untuk menjadi pusat modest fashion dunia. Saling bahu membahu bersama Bank Indonesia, Kemenkop UKM, IFC seta seluruh penggiat mode Indonesia akan mengangkat kehadiran IN2MOTIONFEST semakin dikenal di kancah dunia.

Aspek utama lainnya dari IN2MOTIONFEST adalah inklusivitasnya, di mana acara ini menjadi pemersatu bahwa fesyen adalah bahasa universal yang dapat menjembatani dan mendorong pengembangan kerjasama ekonomi dan keuangan global yang lebih luas. Tidak hanya diakui oleh negara-negara muslim, pasar modest fashion juga diakui oleh berbagai negara lainnya di seluruh dunia.

Desainer IN2MOTIONFEST di Paris

Dalam IN2MOTIONFEST di Paris, Indonesia menghadirkan koleksi Spring-Summer 2024 dari 8 desainer berbakat Indonesia  yaitu Syukriah Rusydi, Sanet Sabintang, Wening Angga, Thiffa Qaisty, KHANAAN, KAMI dan Anggia Handmade, serta Itang Yunasz. Kedelapan desainer dan jenama modest fashion ini mengeksplorasi keragaman wastra Indonesia, seperti batik, songket, tenun ikat, dan kain tenun tradisional.

Sejak awal tahun 2023 IN2MOTIONFEST telah terselenggara di beberapa kota besar dunia yaitu Dubai, Daeu, Pretoria, dan Paris. Seluruh rangkaian IN2MOTIONFEST tahun ini difokuskan untuk mendorong peningkatan investasi dan perdagangan sektor modest fashion yang mendukung pemulihan ekonomi melalui pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Penulis: Maritza Samira

#BreakingBoundariesSeptember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading