Sukses

Fashion

Strategi dan Upaya IN2MF Jadi Rujukan Modest Fashion Dunia

Fimela.com, Jakarta Dalam rangka mengembangkan industri modest fashion Indonesia guna menjaga pertumbuhan ekonomi nasional, Bank Indonesia  bekerja sama dengan pemerintah menyelenggarakan Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST). IN2MOTIONFEST merupakan ajang modest fashion terbesar di Tanah Air dan siap digelar di Jakarta Convention Center (JCC) mulai tanggal 25 sampai dengan 29 Oktober 2023.

Melalui IN2MOTIONFEST, pemerintah berharap agar Indonesia bisa menjadi pusat modest fashion dunia. Indonesia dianggap memiliki potensi yang sangat besar. Mulai dari wastranya yang beraneka ragam dan kaya akan cerita turun temurun nenek moyang, serta daerah di Indonesia yang begitu luas menghasilkan banyak pengrajin yang memiliki keunikannya masing-masing.

Bank Indonesia memandang hal tersebut sebagai sesuatu yang harus dikembangkan. Dengan dukungan dari berbagai pihak, menginisiasi Indonesia Fashion Chamber (IFC) untuk memperkuat penyelenggaraan trade show dalam berbagai ajang fashion dunia seperti di beberapa kota besar dunia yaitu Dubai, Pretoria, dan Paris.

Strategi ekspansi

Berbagai dukungan dari asosiasi dan pemerintah telah diberikan untuk para pegiat modest fashion Indonesia, baik desainer, pelaku UMKM, maupun para konsumen. Untuk terus mengembangkan modest fashion Indonesia diperlukan strategi-strategi seperti mengembangkan inovasi yang berbasis wastra, kolaborasi antar desainer dengan menjadi guru, dan melakukan promosi melalui IN2MOTIONFEST.

Selain strategi-strategi tersebut, diperlukan upaya yang konsisten untuk terus mengekspor karya modest fashion Indonesia ke luar negeri. Upaya ini akan membentuk branding atau memperkuat eksistensi tentang modest fashion Indonesia sehingga dapat lebih dikenal oleh masyarakat luar. Desainer juga perlu beradaptasi  dengan berbagai bentuk tuntutan agar modest fashion Indonesia bisa diterima di pasar global.

Acara puncak IN2MOTIONFEST

IN2MOTIONFEST 2023 rencananya akan diselenggarakan di Plenary dan Cendrawasih Hall Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 25 sampai 29 Oktober 2023. Acara ini akan menjadi bagian dari Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) yang merupakan platform kolaborasi seluruh stakeholder ekonomi dan keuangan syariah.

Sebanyak lebih dari 200 jenama fesyen lokal akan hadir di exhibition. Beberapa di antaranya yaitu Wearing Klamby, Khanaan, Jenna & Kaia, kami., Hijab Chic, Ayu Dyah Andari, Nadjani, ASK by Asky Febrianty, Itang Yunasz, Novita Yunus, dan masih banyak lagi. Acara ini juga menghadirkan beberapa desainer mancanegara seperti dari Inggris, Maroko, India, Prancis, Malaysia, dan negara-negara di Timur Tengah.

Hal tersebut bertujuan agar dapat terjadi pertukaran budaya dengan Indonesia dan menjalin kerja sama untuk saling mendukung industri modest fashion dunia. Selain IN2MOTIONFEST, ISEF juga menggandeng Halal Expo Indonesia (HEI), serta mengadakan fun walk untuk memeriahkan acara ini.

 

Penulis: Maritza Samira.

#BreakingBoundariesOktober

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading