Sukses

Fashion

6 Cara Merawat Sweater agar Berfungsi Optimal di Musim Dingin

Fimela.com, Jakarta Desember sudah menjadi tanda penghujung tahun dengan musim dingin dan salju yang muncul dengan gembira. Tidak hanya itu suasana natal juga menjadi pembuka dan penutup untuk tahun 2023 ini. Musim dingin menjadi ajang yang dinanti karena banyaknya aktivitas liburan di berbagai objek wisata tersendiri. Temperatur yang dingin ini menyebabkan orang-orang harus mengenakan pakaian hangat, salah satunya berbahan kain wol dan dirajut yakni sweater rajut. 

Seberapa seringkah kita harus mencuci sweater? Bagaimana caranya mencegah serat kasar muncul pada sweater? Sweater berlubang karena ngengat? Jika dilihat banyak sekali permasalahan yang muncul ketika ingin mengenakan sweater kesayangan kita.

Namun jangan khawatir sebab masih ada cara untuk merawat dan menjaga sweater agar tetap terlihat kinclong dan baru. Bahkan direkomendasikan oleh Reid selaku pendiri dari Buffy Reid. Bagaimana caranya? Dilansir melalui British Vogue berikut 6 cara perawatan sweater rajut simpel, sederhana, namun direkomendasikan oleh ahlinya yang bisa kamu ikuti. 

1) Cuci sweater sekali saja

Kebanyakan dari kita terlalu sering mencuci outfit berbahan rajut dengan jumlah yang banyak, hal ini berarti akan mempercepat 'mekarnya' bahan rajutan tersebut. Terlebih, penggunaan bahan rajut termasuk sweater rajut hanya dikenakan pada saat musim dingin saja. "Karena kain wol ini kan berasal dari serat alami makanya kain ini sangat mudah untuk dibersihkan." Ujar Reid. "Kami merekomendasikan untuk mencuci outfit rajut kalian ketika akhir musim saja." Lanjutnya. 

2) Jangan mencuci bahan rajut dengan mesin cuci 

Berbicara mengenai tata cara pencucian berbagai bahan outfit yang beragam sudah pasti salah satunya yang sering dijumpai adalah tidak mencucinya dengan mesin. Reid menyarankan untuk mencuci seluruh outfit termasuk sweater rajut, yang berbahan rajut apapun dengan tangan dibandingkan dengan menggunakan mesin. "Bahan rajut selalu menghasilkan hasil yang terbaik untuk dikenakan setelah mencucinya dengan tangan, contoh simpel seperti kita keramas yang memperlihatkan rambut berkilauan." ujar Reid. Caranya mudah, cukup dengan mencuci di air dingin dengan deterjen untuk memperlihatkan sweater lembut. 

3) Lipat saja, jangan digantung

Untuk menjaga bentuk dari sweater rajutmu, hindari menyimpannya dengan cara menggantung. "Pada saat setelah mengeringkan dan kamu menggantungnya, ia akan menyebabkan stretch dari massa air maka dari itu sebaiknya kamu biarkan saja pada posisi seperti biasa." ujarnya. Setelah itu barulah setrika secara perlahan untuk tetap dalam kondisi baik sebelum dilipat dan disimpan di dalam lemari. 

Menggunakan debobbler atau penghilang serat kasar pada sweater rajut

Serat-serat kasar atau bobbling sering menjadi permasalahan tersendiri untuk outfit dengan bahan rajut. Agar sweater rajut kesayanganmu tidak menunjukkan serat-serat kasar yang banyak, sebaiknya kamu membeli debobbler atau penghilang serat kasar. Bentuknya unik karena berukuran kecil dan mudah untuk digunakan. Kamu tinggal mendorongnya secara merata saja (seperti menyetrika). Reid menjelaskan perbedaan antara kualitas rajutan yang baik adalah terletak pada serat kasarnya, ketika serat kasar sudah hilang dari bahan rajut niscaya kualitasnya tetap terjaga. 

5) Lindungi sweater dari hewan-hewan seperti ngengat misalnya 

Untuk melindungi sweater rajut kita dari ngengat, gunakan kantung lavender maupun kayu cedar dalam lemarimu, fungsi lainnya untuk memastikan sweatermu tetap bersih ketika kamu menyimpannya. "Jangan pernah membiarkan sweater rajut dalam keadaan kotor." ujar Reid. Ia juga menambahkan untuk tidak menyimpan sweater rajut pada area yang berdebu dan kotor. 

6) Laundry saja sweater rajutmu

Percayakan saja sweater rajutmu kepada yang ahli, "Solusi terakhir adalah mempercayakan sweater rajutmu dengan mencucinya secara laundry, mereka tahu bagaimana merawatnya karena perbedaan tekstur serta warna yang ditampilkan oleh sweater rajut ini." lanjutnya. Apalagi sweater rajut ini akan dicuci dengan suhu yang sesuai dan dikeringkan, hasilnya akan lebih maksimal dan kamu bisa memakainya seperti masih dalam kondisi baru. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading