Sukses

Fashion

Parade Busana Pengantin Jawa dari Putra Bungsu Pakualaman, Gelar Royal Wedding Sarat Makna Selama Dua Hari Berturut-Turut

Fimela.com, Jakarta Berbarengan dengan royal wedding di Brunei Darussalam, Kadipaten Pakualaman pun juga gelar royal wedding pada Rabu (10/1/2024). Putra bungsu dari Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Bendoro Pangeran Haryo (BPH) Kusumo Kuntonugroho resmi menikahi Laily Annisa Kusumastuti.

Kental dengan adat Jawa, royal wedding Jogja ni digelar dengan konsep pernikahan agung yang disebut Dhaup Ageng. Terdapat beberapa prosesi yang dilakukan kedua pengantin. Mulai dari siraman, ijab, panggih, sungkeman, hingga resepsi yang menggunakan budaya Jawa.

Mengutip dari laman resmi pemerintah DIY, pernikahan adat Jawa ini juga sekaligus menjadi upaya melestarikan budaya di Kagungan Dalem Bangsal Sewatama Kadipaten Pakualaman pada 7-11 Januari 2024.

Setiap prosesi dari royal wedding tersebut Bendoro Pangeran Haryo (BPH) Kusumo Kuntonugroho dan Laily Annisa Kusumastuti mengenakan busana adat yang berbeda. Seperti apa potretnya?

Saat prosesi siraman, Bendoro Pangeran Haryo (BPH) Kusumo Kuntonugroho mengenakan kain batik tanpa atasan dan roncean melati. Begitu pula dengan Laily Annisa Kusumastuti

Melaksanakan ijab kabul terpisah, Bendoro Pangeran Haryo (BPH) Kusumo Kuntonugroho terlihat gagah kenakan beskap kembang dan kain batik.

Sedangkan Laily Annisa terlihat ayu dengan kebaya kutubaru putih dan kain batik. Paes Yogyakarta di kepalanya bikin Annisa terlihat anggun sebagai pengantin perempuan

Setelah ijab, pengantin baru ini melakukan sederet adat yang diakhiri dengan resepsi. Keduanya nampak bak raja dan ratu dalam balutan busana penganti basahan atau dodotan bermotif Indra Widagda Wariga Adi.

Di hari kedua resepsi, Bendoro Pangeran Haryo (BPH) Kusumo Kuntonugroho dan Laily Annisa Kusumastuti kenakan busana pengantin tertutup bernuansa navy velvet dan emas.

Busana yang di resepsi hari kedua adalah kain batik motif Parang Indra Widagda. Harapannya agar pengantin bisa memegang teguh keteladanan Bathara Indra yang memperhatikan pendidikan bagi diri dan orang lain.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading