Sukses

FimelaHood

Komunitas Cerita Kertas: Ajak Anak Muda Mencintai Literasi Menulis

Fimela.com, Jakarta Kamu suka menulis dan ingin menggali lebih jauh tentang literasi menulis? Ada sebuah komunitas yang baru terbentuk pada akhir Desember 2018 lalu, namanya Komunitas Cerita Kertas. Komunitas yang satu itu menjadi tempat buat mereka yang suka menulis dan ingin belajar tentang kertas.

Harus diakui kalau kini literasi menulis di kalangan pelajar dan anak muda Indonesia masih rendah sehingga hal tersebutlah yang juga menjadi alasan mengapa Asia Pulp & Paper Sinar Mas bersama dengan sebuah platform media komunitas dan pengembangan kemampuan menulis belum lama ini menyelenggarakan pelatihan penulis sekaligus membentuk forum penulis bertajuk “Cerita Kertas” di Riau, Sumatera Seletan, Jambi dan Serang.

Dalam siaran pers yang diterima Fimela.com, Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata menjelaskan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah sebagai upaya untuk meningkatkan literasi menulis di kalangan anak muda, sekaligus mempopulerkan dan mengedukasi isu tentang kertas kepada masyarakat.

“Kami melihat populasi Indonesia didominasi masyarakat usia produktif yang memiliki potensi besar untuk digali, salah satunya dalam hal literasi khususnya kemampuan menulis,” jelas Suhendra. Kegiatan Komunitas Cerita Kertas diawali pada bulan Desember 2018 di Riau, bulan Januari 2019 di Sumatera Selatan, dan bulan Februaridi Jambi, kemudian diakhiri di Serang, Banten.

Dalam kegiatan tersebut anggota komunitas yang hadir diberikan edukasi tentang kertas sebagai bagian dari keseharian manusia tidak hanya sebagai media dalam menorehkan tulisan. Suhendra mengharapkan forum dapat mengedukasi dan memberi pemahaman lebih tentang bagaimana industri kertas berperan dan beroperasi, sekaligus menjadikannya populer di kalangan masyarakat.

Sementara itu, CEO Qureta Luthfi Assyaukanie menegaskan pentingnya mengembangkan narasi yang positif tentang kertas. Bukan hanya karena kertas telah berjasa bagi perkembangan peradaban manusia di masa silam, tapi juga karena kertas memainkan peran penting dalam membuat kehidupan manusia modern lebih nyaman.

“Hampir tidak ada orang yang bisa lepas dari kertas. Mulai dari selebaran, pembungkus, tisu, hingga alat pembersih lainnya. Kertas telah menjadi bagian penting kehidupan manusia modern,” jelas Luthfi. Melalui pelatihan menulis yang diselenggarakan, APP Sinar Mas dan Qureta membekali dan meningkatkan keterampilan menulis para peserta dengan bimbingan dari Okky Madasari, salah satu novelis terbaik Indonesia.

Fimelahood #MyGoalMatter, Tempat Perempuan Berbagi Kisah Inspiratif
Loading
Artikel Selanjutnya
Depok Rubik's Cube Community, Belajar Pecahkan Masalah dan Kesabaran Lewat Permainan
Artikel Selanjutnya
Pesona Timur, Upaya Perempuan Menari Kenalkan Indonesia Timur