Sukses

FimelaHood

Surabaya Beauty Blogger, Komunitas Kecantikan Pertama di Kota Pahlawan

Fimela.com, Jakarta Komunitas kecantikan pastinya tidak hanya berada di Ibu Kota Jakarta saja, hampir setiap kota besar di Indonesia juga memiliki komunitas yang serupa, salah satunya adalah komunitas kecantikan yang bernama Surabaya Beauty Blogger. Tentunya sudah bisa ditebak dari mana komunitas kecantikan tersebut berasal.

Dan beruntungnya Fimela.com bisa berbincang dengan founder dari Surabaya Beauty Blogger (SBB), Mindy Tedja. Menurut Mindy, SBB yang resmi berdiri pada September 2016 tersebut awalnya dibuat untuk saling membantu sesama beauty blogger asal Surabaya supaya mereka lebih dikenal oleh masyarakat luas atau pun brand-brand yang ingin bekerjasama.

“Saya ingin event dan project jadi lebih merata dan brand lebih mengenal blogger-blogger beauty Surabaya, bukan golongan tertentu saja. Dengan adanya SBB ini member-member-nya jadi lebih solid dan brand juga lebih aware mengenai kami, kalau mau event dan campaign juga memudahkan mereka karena bisa lewat satu pintu,” jelas pemilik akun Instagram @mgirl83 tersebut.

 

Tak hanya resmi berdiri pada September 2016, disaat yang bersamaan Surabaya Beauty Blogger juga merilis websitenya yang diberi nama Sbybeautyblogger.wixsite.com/official. Namun, kegiatan SBB tidak hanya bisa dilihat di website resminya, tetapi juga dapat dilihat melalui akun Instagram @sbybeautyblogger yang kini sudah memiliki 1.600 lebih followers.

Mereka yang ingin mendaftar untuk menjadi anggota Surabaya Beauty Blogger pun caranya boleh dibilang tidaklah susah. “Untuk gabung syaratnya punya blog yang mainly membahas tentang beauty, umur blog minimal enam bulan dan setiap bulannya ada dua beauty posts yang bukan asal tempel. Dan tentunya berdomisili di Surabaya dan sekitarnya,” terang pemilik Instagram dengan 3.000 lebih followers tersebut.

Anggota SBB sendiri berasal dari latar belakang yang berbeda, mulai dari mahasiswi, ibu rumah tangga hingga ada yang berprofesi sebagai dokter dan fashion designer. Untuk range usianya dimulai dari sekitaran 20-an hingga pertengahan 30-an. Saat ditanya apakah Surabaya Beauty Blogger adalah komunitas kecantikan pertama yang ada di Surabaya, Mindy pun memberikan jawaban tegasnya.

“Ya, Surabaya Beauty Blogger adalah komunitas kecantikan pertama di Surabaya dan satu-satunya yang resmi. Sejak kami berdiri mulai bermunculan beberapa komunitas serupa tapi tidak ada yang mengkhususkan diri untuk beauty blogger, rata-rata mereka terbuka untuk umum,” jelas Mindy Tedja.

Dapat Banyak Manfaat

Tak hanya Mindy Tedja, Fimela.com juga sempat berbincang dengan anggota sekaligus pengurus komunitas Surabaya Beauty Blogger (SBB), Caroline. Pemilik akun Instagram @deuxcarls itu menceritakan secara singkat bagaimana perjalanannya bergabung dengan SBB, bahkan sebelum komunitas tersebut diresmikan.

Caroline mengaku ia sudah merasakan sendiri manfaat yang didapat dari bergabung dengan Surabaya Beauty Blogger. “Sebagai member sekaligus pengurus SBB, saya terasa banget bahwa saya mendapat banyak sekali job dari komunitas SBB, bahkan lebih banyak dari jumlah job yang biasa saya terima secara personal,” ungkap Caroline.

“Selain itu, kami SBB juga terdiri dari wanita-wanita hebat dari berbagai macam latar belakang dan profesi, jadi saya senang juga karena dapat menambah teman sekaligus memperluas wawasan,” tambahnya. Dan soal perkembangan dunia makeup atau pun dunia kecantikan di Surabaya, menurut Caroline perkembangannya cukup pesat.

“Dulu, kalau pakai makeup tebal sedikit atau baju yang agak heboh, orang Surabaya suka bingung. Kalau jalan di mall sering menjadi pusat perhatian. Namun, sekitar 2015 sepertinya masyarakat Surabaya semakin terbuka wawasan dan penerimaannya soal makeup,” jelas perempuan yang juga hobi traveling ini.

“Alhasil, kami blogger yang dulunya mungkin dianggap ‘nyentrik’ atau ‘unik’ jadi lebih dihargai dan sudah tidak terlalu menyita perhatian lagi kalau di tempat umum, karena makin banyaknya wanita Surabaya yang peduli pada penampilan.” Caroline dan Mindy Tedja pun berharap para anggota Surabaya Beauty Blogger dapat bersama-sama berkembang dan naik reputasinya sebagai blogger.

Fimelahood #MyGoalMatter, Tempat Perempuan Berbagi Kisah Inspiratif
Loading
Artikel Selanjutnya
Jogja Beauty Vlogger, Dibentuk Dengan Modal Nekat
Artikel Selanjutnya
Bandung Beauty Blogger, Mengulas Untuk Calon Konsumen Lebih Cerdas