Sukses

FimelaHood

3 Cara Meningkatkan Finansial Perempuan dengan Literasi Keuangan

Fimela.com, Jakarta Kesejahteraan finansial adalah impian dari semua orang yang ada di dunia ini, tak terkecuali perempuan. Namun, tidak bisa dipungkiri kalau ada beberapa individu perempuan yang merasakan kesulitan terutama dalam meningkatkan keuangan mereka. Salah satu kunci utama dalam menghadapi permasalahan ini adalah dengan meningkatkan literasi keuangan kepada perempuan.

Dilansir oleh investopedia.com, literasi finansial adalah kemampuan memahami dan menggunakan berbagai macam skill finansial terutama personal financial management, budgeting, dan juga investasi. Pada dasarnya literasi keuangan  merupakan sebuah pondasi atas hubungan yang kuat dengan uang dan literasi keuangan juga bisa dikategorikan sebagai pembelajaran hidup yang tidak akan pernah berhenti. Akan tetapi, jauh lebih bagus jika kamu mengetahui atau mempelajari literasi keuangan secepatnya yang kamu bisa.

Berdasarkan Rbcwealthmanagement.com, literasi keuangan itu penting khususnya untuk perempuan karena seberapa besar pengetahuan mereka terutama dalam keuangan mereka akan lebih percaya diri terutama saat membuat budget atau mengatur keuangan mereka. Selain itu, literasi keuangan juga dapat membuat kita tidak tergantung dengan laki-laki. Apalagi di zaman sekarang kita ketahui bahwa kata kata perceraian atau kekerasan dalam keluarga masih terjadi hingga sekarang ini maka dari itu tidak dipungkiri kalau pemahaman pemahaman tentang literasi keuangan itu penting untuk diketahui dan dipelajari oleh perempuan.

Maka dari itu, FIMELA telah mengumpulkan tiga cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan Literasi keuangan perempuan agar tidak tertinggal dan dapat meningkatkan kualitas keuangan juga. Tidak perlu ragu, berikut adalah rekomendasi dari Provwealth.com.

 

Kelas pelatihan keuangan

Jangan pernah malu terutama dalam bertanya atau belajar tentang hal baru. Ilmu keuangan akan selalu berubah setiap tahunnya. Sama seperti perkembangan dan inovasi teknologi keuangan juga akan berevolusi. Maka dari itu, mengambil kelas pelatihan untuk mengetahui keterampilan keuangan khususnya di zaman sekarang bukanlah hal yang salah untuk dilakukan.

Dengan mendapatkan ilmu baru tentang keuangan perempuan akan selalu up to date terutama tentang keuangan. Memiliki seorang mentor keuangan juga akan memberikan kamu keuntungan dalam meminta saran dan arahan perihal permasalahan keuangan yang telah kamu lakukan dan pilih. Intinya dengan kelas pelatihan keuangan perempuan diharapkan tahu bagaimana cara memperbanyak uang dengan jualan, paham betul dengan menyusun keuangan, dan lain-lain.

Budgeting

Dalam kehidupan pasti ada yang namanya permasalahan, terutama saat menghadapi permasalah keuangan. Perlu diingat kalau permasalahan keuangan akan datang tanpa adanya pemberitahuan bahkan indikasi. Alangkah baiknya jika wanita tahu bagaimana cara yang tepat dalam mengalokasikan setiap dana dengan baik. Seperti buatlah tabungan khusus untuk kesehatan seperti asuransi, buat tabungan untuk pendidikan anak, buatlah tabungan untuk kesenangan keluarga dan diri sendiri, bahkan tabungan untuk pensiun. 

Disarankan untuk selalu memantau pemasukan dan pengeluaran uang kamu dan keluargamu. Karena dengan ini kamu akan tahu apa rencana selanjutnya dalam menghadapi berbagai macam permasalahan keuangan yang akan datang dimasa depan. Contohnya, saat kamu memiliki hutang, disarankan untuk membuat list prioritas hutang, lunasi terlebih dahulu hutang yang memiliki bunga tinggi.

 

Investasi

Semua orang tahu kalau investasi adalah hal yang dapat membantu keuangan manusia entah itu perempuan ataupun laki-laki. Investasi juga digunakan sebagai alat untuk menghindari inflasi keuangan dunia. Maka dari itu perempuan perlu untuk mulai berinvestasi secepat yang mereka bisa.

Investasi pada umumnya akan berupa berbagai macam bentuk, mulai dari properti, tanah, investasi diri, dan lain sebagainya. Selalu pastikan kalau investasi yang kamu lakukan itu untuk tujuan di masa depan, carilah tipe investasi yang cocok dengan dirimu dan kepribadianmu. Selain tipe investasi, strategi dalam menjalankan saham juga penting untuk dilakukan serta diterapkan. Hal ini agar tidak terjadi kesalahan yang menyebabkan kerugian yang besar.

 

Penulis: Sherly Julia Halim.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading