Sukses

Food

5 Tips Menyimpan Daging Kurban di Kulkas agar Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Umat Islam memperingati Idul Adha atau sering disebut dengan Lebaran Kurban setahun sekali sebagai pengingat peristiwa ketika Nabi Ibrahim mengorbankan putranya, Nabi Ismail, untuk disembelih sesuai perintah Allah, namun seketika Allah mengganti Nabi Ismail yang siap disembelih dengan domba.

Seperti Idul Fitri, perayaan Idul Adha diawali dengan puasa dan salat Ied bersama-sama di hari yang telah ditentukan. Namun khusus di Idul Adha, setelah salat biasanya diisi dengan penyembelihan hewan kurban. Selain untuk mendekatkan diri pada Allah, penyembelihan hewan kurban dimaksudkan sebagai momen untuk berbagi, terutama kepada mereka yang kurang mampu. Tidak heran jika setelah salat Idul Adha, setiap rumah mendapatkan jatah daging kurban.

Jika kebetulan rezeki daging kurban melebihi kebutuhan harian, tentu kita harus menyimpan daging kurban di kulkas agar awet dan bisa dimasak saat diperlukan. Agar daging kurban awet disimpan dalam waktu lama, ini beberapa tips yang bisa diterapkan.

1. Tak perlu dicuci

Jangan cuci daging kurban tersebut, biarkan apa adanya seperti sejak diterima. Kalau ada kotoran seperti tanah, rumput atau darah tersisa, bersihkan dengan tisu saja. Tidak mencuci daging sebelum dimasukkan ke kulkas sebenarnya mampu mencegah berkembangbiaknya bakteri. Bahkan untuk daging kambing, bisa mencegah bau prengus. Jadi bersihkan secukupnya tanpa air.

2. Bagi-bagi daging

Pisahkan daging tersebut ke dalam beberapa bagian, sesuai dengan kebutuhan. Misal kamu dapat jatah daging kurban dalam jumlah banyak, namun untuk satu kali masak kamu hanya butuh sekitar 1 kg. Nah, pisahkan daging tersebut masing-masing ke dalam plastik 1 kg, lalu ikat atau jepret dengan straples.

3. Tata di freezer

Pastikan sudah mengamankan bahan-bahan makanan lain di dalam freezer sebelum memasukkan bungkusan daging. Beberapa bahan makanan mungkin tidak cocok ditaruh bersandingan dengan daging seperti es krim dan es batu untuk minum. Jika tidak ada ruang lain, pastikan sudah dibungkus wadah lain sehingga rasa dan baunya tidak memengaruhi satu sama lain karena bisa merusak kualitas daging atau justru makanan di samping daging.

4. Keluarkan daging sesuai kebutuhan

Fungsi memisahkan daging ke dalam beberapa plastik tadi adalah agar tidak perlu mencairkan semua daging ketika yang diperlukan hanya sebagian. Keluarkan daging dari freezer sesuai kebutuhan, misalnya hanya butuh 1-2 kg, keluarkan 1-2 plastik saja. Hindari mengeluar-masukkan daging beberapa kali karena rentan terkontaminasi bakteri.

5. Cairkan dahulu sebelum dimasak

Saat hendak memasak daging, jangan cairkan daging yang membeku dengan air panas atau langsung dimasak. Cara yang benar adalah letakkan saja daging beku tersebut di bawah air kran atau rendam dan bilas beberapa kali agar cepat mencair. Cara lainnya adalah menaruh daging dari freezer ke kulkas bagian bawah malam sebelumnya sehingga saat dikeluarkan dari kulkas, akan cepat mencair. Pastikan juga masih dalam keadaan terbungkus rapat dalam plastik agar tidak mengontaminasi bahan makanan lain.

Itu dia beberapa tips menyimpan daging kurban agar tahan lama disimpan di dalam kulkas.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading