Sukses

Food

5 Cara Menyimpan Santan Kelapa agar Tidak Mudah Basi

Fimela.com, Jakarta Kualitas santan kelapa sangat mempengaruhi rasa masakan yang kita buat. Tapi masih sering bingung gimana cara menyimpan santan kelapa yang baik dan benar? Menyimpan santan kelapa ternyata butuh cara khusus dan tersendiri.

Kita bisa mencoba sejumlah alternatif menyimpan santan kelapa berikut ini sesuai dengan kebutuhan kita. Simak uraiannya berikut ini.

 

1. Simpan dalam Wadah Tertutup

Pastikan dulu kita ingin menyimpan santan kelapa untuk berapa hari. Pada umumnya, santan kelapa bisa bertahan 4-6 hari jika disimpan di dalam kulkas. Tapi santan kelapa bisa bertahan hingga 3 bulan jika kita menyimpannya di dalam freezer.

Santan kelapa sebaiknya disimpan di dalam wadah tertutup, seperti dalam wadah atau plastik tertutup. Jangan menyimpannya dalam kaleng logam yang tidak tertutup rapat.

2. Kelapa Parut Disiram Air Panas

Parut kelapa, lalu siram dengan air panas. Jangan diperas dulu. Dinginkan, hingga asapnya hilang. Baru setelah itu masukkan ke dalam kulkas. Ketika kita membutuhkan santan kelapa ini, kita tinggal mengeluarkannya dari kulkas dan peras parutan kelapa tersebut. Usahakan tidak menggunakannya setelah lewat dari 24 jam agar tidak mendapatkan santan kelapa yang basi.

 

3. Rebus Kembali Santan

Setelah kelapa diparut dan disiram air panas, peras lalu rebus. Simpan dalam wadah. kita bisa kembali merebusnya setiap enam jam sekali. Kualitas santan ini bisa bertahan selama 24 jam.

4. Santan Ditambah Sedikit Garam

Setelah santan sudah jadi, tambahkan sedikit garam. Kemudian rebus lalu dinginkan. Masukkan ke dalam plastik, lalu simpan di dalam freezer.

 

5. Bekukan Santan

Ingin tetap bisa menggunakan santan untuk jangka waktu panjang? kita bisa coba cara yang satu ini. Pertama, simpan santan dalam wadah yang tertutup rapat. Lalu, masukkan ke dalam freezer hingga membeku. kita butuh waktu 24 jam untuk mencairkan santan beku ini jika ingin menggunakannya.

Semakin lama santan kelapa disimpan, kualitasnya pun akan menurun. Akan lebih baik jika kita langsung menggunakan santan kelapa yang baru kita perasa untuk mendapatkan masakan yang lezat.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading