Sukses

Food

4 Cara Menyimpan Tahu agar Tahan Lama dan Tidak Asam

Fimela.com, Jakarta Cara menyimpan tahu yang paling mudah adalah memasukkan ke dalam kulkas. Ini memang cara yang paling simpel dan cukup efektif. Tapi kalau ingin tahu lebih tahan lama dan tidak cepat asam, ada beberapa tips yang bisa kita coba.

Tahu memang bahan yang paling mudah diolah jadi aneka makanan dan hidangan lezat. Tahu yang berkualitas bagus pastinya bakal bisa dijadikan makanan yang enak dan sedap. Dan cara menyimpan tahu agar tahan lama, berikut hal-hal sederhana yang bisa dilakukan.

 

 

1. Rendam dengan Air Bersih

Tahu yang baru dibeli di pasar atau supermarket sebaiknya langsung dibilas dengan air bersih. Buang air tahu yang ada dalam bungkusnya, lalu rendam tahu dengan air bersih. Sebaiknya gunakan air yang sudah matang atau air minum. Kalau berniat untuk menyimpan tahu dalam jangka waktu lama, sebaiknya ganti airnya sehari sekali.

2. Simpan dalam Wadah Kedap Udara

Wadah atau tempat penyimpanan tahu juga perlu diperhatikan. Pilih wadah yang kedap udara dengan penutup rapat. Tahu yang disimpan dalam wadah kedap udara bisa lebih awet untuk mencegah tumbuhnya jamur atau bakteri.

3. Rebus Tahu dengan Air Mendidih

Didihkan air. Lalu segera masukkan tahu. Tahu yang sudah direbus ini nantinya bisa tahan sampai beberapa hari. Hanya saja memang teksturnya bakal terasa lebih padat atau keras ketika diolah atau dimasak untuk jadi hidangan yang kita inginkan.

 

4. Rendam dalam Larutan Garam

Tahu yang sudah direbus bisa direndam dalam larutan garam selama beberapa menit. Lalu airnya diganti dengan air bersih atau air yang masih baru. Tahu pun bisa awet bahkan sampai seminggu lamanya.

Cukup mudah kan cara menyimpan tahu agar tahan lama ini? Semoga tips-tipsnya bermanfaat.

#WomenforWomen

Loading