Sukses

Food

5 Tips Merebus Sayur agar Tetap Renyah dan Tak Lembek

Fimela.com, Jakarta Mengonsumsi makanan sehat sangat penting. Agar tubuh pun terpenuhi nutrisinya. Maka penting untuk menyiapkan bahan makanan terbaik. Salah satu sumber makanan terbaik adalah sayuran.

Agar nutrisinya tetap terjaga, kamu perlu mengolah bahan makanan tersebut dengan baik. Begitu juga saat memasak sayur, ternyata harus benar agar kandungan nutrisi di dalamnya tidak hilang.

Memasak memang perlu teknik khusus. Berikut ini adalah tips yang bisa dicoba untuk merebus sayuran agar tetap hijau, segar, dan tidak jadi kuning atau lembek. Simak penjelasannya di bawah ini.

Tambahkan Garam

Siapkan semua sayuran dan potong-potong serta cuci bersih. Rebus air sampai mendidih dan taburi sedikit garam. Rebus sayur selama kurang lebih satu menit saja agar gizinya tetap terjaga. Setelah itu angkat dan masukkan sayur ke dalam air es. Rendam sebentar dan tiriskan.

Cara ini akan membuat sayuran tetap renyah saat dimakan. Satu hal yang paling penting adalah hindari merebus sayur saat air belum mendidih. Merebus sayur saat air belum mendidih akan mengurangi kadar vitamin C , 10 hingga 12 kali lipat. Ini karena vitamin C dalam sayur menguap. Selain itu sayur juga akan jadi lembek.

Gunakan Es Batu

Cara merebus sayuran agar tetap hijau dan segar bisa memasukkannya ke dalam air es. Setelah selesai dan matang, langsung masukkan ke dalam air berisi es batu atau bisa juga pakai air es. Dengan cara ini diyakini warna sayur akan tetap terlihat hijau dan segar. Air es juga berfungsi membuat sayur cepat dingin dan bisa segera disantap bersama ikan goreng, sambal atau sayur pedas.

Minyak Sayur

Nah, cara berikutnya untuk membuat sayur terlihat berwarna hijau adalah dengan menambahkan sedikit minyak. Kita bisa menambahkan 1 sdm minyak sayur untuk 1 liter air saat merebus sayuran. Setelah matang, sayur bisa langsung kita tiriskan. Atau bisa langsung kita masukkan ke dalam air es dulu baru ditiriskan.

Cuci dengan Air Mengalir

Cara selanjutnya adalah dengan mencuci sayuran di air yang mengalir. Selain itu, mencuci sayuran sebelum dipotong bisa menghindari banyak zat gizi sayur yang hilang. Dan tips lainnya, potong sayuran dengan ukuran yang besar. Cara ini efektif membuat sayuran lebih awet.

Rebus di Panci Stainless

Penggunaan alat masak ternyata berpengaruh dengan hasil masakan. Agar sayur tidak lembek disarankan saat memasak menggunakan panci stainless. Panci jenis ini menjaga kualitas sayur rebus agar tidak terkontaminasi dengan asam.

Sahabat Fimela, demikian 5 cara merebus sayuran agar tidak lembek dan tetap renyah. Selamat memasak dan semoga tips ini bermanfaat.

What's On Fimela
Loading