Sukses

Food

4 Cara Menghilangkan Bau Amis dan Alot pada Kerang

Fimela.com, Jakarta Pagi penggemar seafood, pasti tidak akan meninggalkan kerang sebagai sajian istimewa. Sayangnya baunya yang amis dan jika tidak tepat mengolahnya dapat membuat kerang menjadi alot, membuatmu malas memasak kerang sendiri di rumah. Nyatanya, mengolah kerang sangat mudah.

Sahabat Fimela, berikut ini adalah tips memasak kerang agar tidak amis dan alot seperti sajian restoran seafood. Check this out!

Memilih Kerang yang Segar

Saat membeli kerang, pastikan memilih yang segar. Ciri kerang yang segar adalah yang tidak berbau, tidak berlendir dan cangkangnya masih tertutup rapat. Jika kerang yang dibeli sudah dikupas, pilih yang segar dan warnanya cerah alami.

Rendam dengan Air Jeruk Nipis

Cara menghilangkan bau amis yang efektif adalah dengan merendamnya dalam air jeruk nipis. Rendam dalam air jeruk nipis selama 30 menut, kemudian cuci seperti biasa hingga bersih.

 

Masak dengan Bumbu

Untuk menghilangkan bau amis pada kerang, sebaiknya sebelum memasak kerang rebus dulu dengan bumbu. Rempah-rempah seperti jahe dan serai disarankan untuk menghilangkan bau amis. Tambahkan daun jeruk untuk menghilangkan bau amisnya.

 

Gunakan Api Sedang

Agar kerang yang dimasak tidak alot, saat merebusnya gunakan api yang sedang. Jika kerang sudah terbuka, segera matikan api. Terlalu lama merebus kerang justru membuat daging kerang menjadi alot.

Sahabat Fimela, demikian 4 cara untuk menghilangkan bau amis dan alot saat memasak kerang. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat memasak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading