Sukses

Food

5 Tips dan Cara Membuat Puding Sutra Lembut

Fimela.com, Jakarta Jika suka makan puding memang lebih enak jika bisa membuat sendiri di rumah, selain dapat banyak juga tidak harus membayar mahal, apalagi juga bisa sesuai selera. Salah satu puding yang paling banyak disukai orang adalah puding lembut bagai sutra ketika dikunyah di dalam mulut. Ternyata cara membutanya tidak susah.

1. Perhatikan Takaran Bubuk Jelly

Bubuk jelly sachet tentu akan lebih mudah menakarnya daripada bubur yang lebih besar, tetapi ketika kamu salah menakar bubuk jelly dapat merusak rasa dan kelembutannya. Ternyata berbeda dari biasanya bubuk jelly untuk pudding sutra, memiliki perbedaan takaran dari biasanya.

Ada baiknya kamu mengurangi bubuk jelly tersebut untuk memberikan cita rasa yang enak dan lembut. Jika kamu mencoba untuk menaruhnya lebih banyak tentu akan membuat tekstur menjadi terlalu kenyal, atau buruknya dapat membuat lebih keras.

2. Menambahkan Tepung Maizena

Biasanya saat memasak pudding sutra kita lupa untuk menambahkan tepung maizena, faktanya menambahkan tepung maizena dapat memberikan tekstur yang lebih serta halus pada puding. Tak hanya itu jika kamu menambahkan tepung maizena di dalamnya maka dapat membantu puding menjadi lebih kental dan memiliki tekstur yang lembut.

3. Menggunakan Susu bukan Air

Kita pasti sudah terbiasa untuk menambahkan air daripada susu, ternyata menambahkan susu akan memberi rasa manis yang pas. Jika kamu menambahkan susu pada adonan puding maka akan membuatnya menjadi silky saat sudah matang. Ada baiknya jika kamu masih menggunakan air, ganti dengan susu utnuk menambahkan rasa yang sempurna.

4. Hindari Memasak Puding Hingga Mendidih

Terkadang pada bungkus pudding kita akan menumakan cara yaitu masa puding hingga mendidih, padahal jika kamy melakukana ini akan membuat puding menjadi lebih pecah.

Pastikan saat kamu memasak puding untuk menggunakan api kecil saja dan diaduk menggunakan sendok sayur atau whisker. Pengadukan yang kamu lakukan tentu akan membuat susu tidak pecah dan tercampur rata dengan puding.

5. Menggunakan Cetakan Kecil

Jika untuk santapan keluarga terkadang menggunakan cetakan besar lebih terlihat cocok daripada kecil, akan tetapi cetakan yang terlalu besar saat kamu membuat puding sutra kurang tepat. Penggunaan cetakan yang kecil justru akan membuat tekstur makanan tersebut menjadi lebih kenyal dan lembut.

Resep Puding Sutra

Bahan:

  • 1 bungkus agar-agar (nutrijell) plain
  • 1200 ml susu cair
  • 3 sdm gula pasir
  • 3 sdm kental manis
  • 1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
  • 2 sdm bubuk coklat, larutkan dengan 100 ml air

Cara Membuatnya

  1. Campurkan susu, agar-agar plain, gula dan kental manis, aduk rata sambil menyalakan api kompor.
  2. Masak adonan hingga hangat dan mendidih. Tuang larutan maizena dan coklat cair. Aduk rata lagi hingga mendidih atau muncul gelembung-gelembung udara. Matikan api.
  3. Cetak puding ke dalam mangkuk-mangkuk yang sudah dibasahi sedikit air. Biarkan dingin dan bisa disimpan di kulkas.
  4. Setelah beku atau padat, puding bisa dikeluarkan dari wadahnya. Siap dinikmati.
What's On Fimela
Loading