Sukses

Food

7 Makanan khas Korea yang Populer di Berbagai Negara

Fimela.com, Jakarta Dalam beberapa tahun terakhir Korea Selatan menjadi lebih dikenal karena kebudayaannya, fashion serta makanan khas Korea yang banyak diminati. Makanan khas Korea banyak digemari karena rasanya yang mudah diterima oleh lidah masyarakat, termasuk di sebagian besar negara Asia, salah satunya di Indonesia. Makanan khas Korea yang sering dijumpai ada beberapa, seperti kimchi, japchae dan tteokbokki, namun tak hanya itu saja, ada sejumlah makanan khas Korea yang cukup terkenal bahkan di berbagai negara. Dilansir dari laman Culture Trip, Jumat (20/8/2021), berikut makanan khas Korea yang populer di berbagai negara.

1. Japchae (Mie Goreng)

Japchae sering disajikan sebagai lauk saat makan siang atau makan malam, japchae adalah hidangan mie tradisional Korea yang terbuat dari tumis ubi jalar, sayuran yang diparut tipis, daging sapi, dan sedikit kecap dan gula. Biasanya diberi tambahan seperti jamur ditambahkan ke dalam campuran. Japchae dikenal dengan rasanya yang manis dan beraroma serta teksturnya yang lembut dan sedikit kenyal.

2. Kimchi (Sayuran Fermentasi)

Salah satu hidangan tertua dan mungkin paling penting dalam masakan Korea, kimchi adalah hidangan pedas dan asam yang terbuat dari sayuran yang difermentasi. Ini disiapkan dengan berbagai macam bahan, tetapi bahan utama yang paling umum adalah kubis. Kimchi populer di kalangan orang asing karena rasanya yang unik, serta nilai gizinya yang tinggi, kandungan serat, dan kandungan kalorinya yang rendah. Namun, bagi orang Korea, ini paling populer karena nilai budayanya, tanpa kimchi, makan malam dianggap tidak lengkap.

3. Bulgogi (Barbekyu Daging Sapi yang Diasinkan)

Hidangan daging sapi panggang yang berair dan gurih, bulgogi adalah salah satu hidangan daging Korea paling populer di seluruh dunia, dan menduduki peringkat ke-23 sebagai makanan terlezat di dunia menurut jajak pendapat pembaca CNN Travel pada tahun 2011. Bulgogi sering dipanggang dengan bawang putih dan irisan bawang bombay. Dagingnya biasanya dibungkus dengan selada dan juga secara tradisional dimakan dengan ssamjang (pasta pedas merah yang kental).

4. Tteokbokki (Kue Beras Pedas)

Ddukbokki, juga dieja tteokbokki, adalah makanan pedas khas Korea yang terbuat dari kue beras berbentuk silinder, kue ikan segitiga, sayuran, dan saus cabai merah manis. Itu sering dijual oleh pojangmacha (pedagang kaki lima). Orang-orang menikmati ddeukbokki karena kombinasi rasa pedas dan manis.

5. Hotteok (Pancake Manis)

Hoeddeok, atau kadang-kadang dieja sebagai hotteok, adalah makanan jalanan Korea yang populer, terutama selama musim dingin. Ini pada dasarnya adalah adonan bundar datar yang diisi dengan campuran kayu manis, madu, gula merah, dan potongan kecil kacang tanah dan dimasak di atas wajan. Kelezatannya memiliki eksterior yang renyah dan interior yang lembut.

6. Bibimbap (Nasi Campur)

Bibimbap pada dasarnya adalah semangkuk bahan campuran nasi, namul (sayuran yang dibumbui dan ditumis), jamur, daging sapi, kecap, gochujang (pasta cabai), dan telur goreng. Bahan-bahan yang ditemukan di bibimbap bervariasi berdasarkan wilayah, dan versi hidangan yang paling terkenal ditemukan di Jeonju, Tongyeong, dan Jinju.

7. Samgyetang (Sup Ayam Ginseng)

Samgyetang adalah sup tradisional yang terbuat dari ayam, bawang putih, nasi, daun bawang, jujube Korea, ginseng Korea, dan rempah-rempah. Diketahui memiliki nilai gizi yang tinggi. Tidak hanya dikenal karena kandungannya yang sehat tetapi juga populer karena rasanya yang lembut dan daging.

Itulah beberapa makanan khas Korea yang cukup populer di berbagai negara dengan rasa yang cukup unik dan mudah dijumpai. Kalau Sahabat Fimela paling suka makanan khas Korea yang mana?

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading