Sukses

Food

7 Pusat Kuliner di Singapura ini Telah Diakui Michelin Guide Favorit Para Seleb Dunia

Fimela.com, Jakarta Singapura merupakan salah satu negara yang terkenal sebagai salah satu pusat kuliner dunia. Maka dari itu, rasanya kurang pas ketika kita berkunjung ke Singapura tetapi tidak berburu makanan di Pusat Jajanan Kulinernya. 

Budaya makan komunal Singapura ini bahkan telah masuk daftar Intangible Cultural Heritage (Warisan Budaya Tak Benda) dari UNESCO pada 2020 yang lali. Sejalan dengan hal tersebut, pemerintah Singapura pun juga turut aktif untuk meningkatkan kualitas kulinernya dengan program pertukaran ide antara koki lokal dan internasional lewat ajang Global Chef Exchange. 

Saat ini ada lebih dari 110 pusat jajanan kuliner yang tersebar di seluruh wilayah Singapura. Di pusat jajanan kuliner ini juga bukan hanya menyediakan makanan-makanan murah, tetapi kamu juga bisa menemukan esensi kuliner Singapura yang autentik. 

Selaras dengan hal tersebut, akhirnya Singapura pun dinobatkan sebagai salah satu pusat kuliner Dunia yang telah diakui oleh Michelin Guide, yang merupakan panduan kuliner bergengsi dunia. 

Di masa pandemi seperti sekarang ini, kamu mungkin sudah sangat rindu untuk berwisata kuliner, tak terkecuali ketika mengunjungi Singapura. Saat ini, Singapore Food Festival (SFF) telah berlangsung sejak 27 Agustus 2021 hingga 12 September 2021. Festival kuliner inilah yang akan membawa kamu selangkah lebih dekat ke kuliner Singapura melalui beragam workshop virtual dan kelas master.

Melansir dari Singapore Tourism Board (STB) Indonesia, Fimela.com akan merekomendasikan 7 pusat jajanan kuliner Singapura yang dapat kamu simpan dulu dan bisa kamu coba di kemudian hari ketika pandemi sudah mulai mereda. Semua tempat ini telah bersertifikat SG Clean sehingga sudah terjamin keamanan serta rasa dari setiap makanan yang disajikan. 

Apa saja pusat jajanan tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Newton Food Centre

Pusat jajanan kuliner yang satu ini terkenal karena pernah muncul di film Crazy Rich Asians yang tayang pada 2018 lalu. Dalam film itu ditampilkan bahwa para pemainnya memesan sate, chili crab, dan laksa yang merupakan makanan-makanan khas Singapura.

Newton Food Centre ini banyak disukai oleh para pengunjung karena tersedia area indoor dan outdoor. Selain itu, ada juga gerai R&B Express yang menjual seafood, sayap ayam bakar, sate, popiah, dan kueh pie tee. Perlu diketahui, R&B Express ini juga masuk dalam daftar rekomendasi Michelin Guide.  

Tak hanya itu, di Newton Food Centre juga terdapat Guan Kee Grilled Seafood yang merupakan gerai yang menjual aneka seafood, dan sangat cocok dinikmati bersama keluarga atau teman-teman. 

Chinatown Complex Market & Food Centre

Pusat Jajanan Kuliner yang satu ini merupakan tempat awal berdirinya Hawker Chan yang sangat terkenal. Pada 2016, Hawker Chan juga sempat menjadi gerai Pusat Jajanan Kuliner yang mendapat satu bintang Michelin dari Michelin Guide. 

Menu makanan andalan Hawker Chan adalah Soya Sauce Chicken Rice atau nasi ayam dengan kecap dan menjadikannya sebagai makanan berbintang Michelin yang memiliki harga paling terjangkau.

Amoy Street Food Centre

Di Pusat Jajanan Kuliner yang satu ini terdapat enam jajanan yang direkomendasikan oleh Michelin Guide 2019, dan empat di antaranya memiliki sertifikasi Bib Gourmand sebagai tempat makan dengan makanan terlezat dan memiliki harga terjangkau. 

Tak heran jika di siang hari, Amoy Street Food Centre ini akan dipenuhi oleh pengunjung yang datang dari gedung perkantoran. Maka dari itu, sebaiknya kamu datang sebelum jam 12 siang agar tidak kehabisan makanan. 

Beberapa gerai terkenal di sini adalah A Noodle Story, Hong Kee Beef Noodle, Ah Ter Teochew Fishball Noodles, J2 Famous Crispy Curry Puff, Hoo Kee Rice Dumplings, dan Yuan Chun Famous Lor Mee. 

Adam Road Hawker Centre

Keistimewaan dari Pusat Jajanan Kuliner yang satu ini adalah karena telah dikunjungi para tokoh dunia, seperti Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Amerika Joe Biden, bahkan Presiden Joko Widodo dan istrinya yang pernah datang pada 2018 lalu. 

Saat itu, Presiden Jokowi menyantap nasi lemak dari Selewa Rasa sebagai sarapannya. Lalu, Joe Biden yang pada 2013 lalu berkunjung dan masih menjabat sebagai Wakil Presiden AS, datang secara tiba-tiba untuk mencicipi jus tebu yang ada di sana. 

Untuk bisa ke sini, kamu bisa berhenti di Stasiun MRT Botanic Garden dan berjalan kaki selama lima menit.

Maxwell Food Centre

Pusat Jajanan Kuliner yang kelima ini sempat dihebohkan dengan kedatangan Gordon Ramsay, yang merupakan celebrity chef dunia sekaligus pemilik dari 35 restoran dengan bintang Michelin pada 2013 lalu. 

Saat itu, Ramsay berkompetisi dengan 3 koki lokal Singapura, dan kalah dalam kompetisi tersebut. Ia mengaku bahwa keahlian koki lokal tersebut sangat hebat sehingga mereka mampu mengalahkan pengalaman puluhan tahunnya. 

Daftar menu yang masuk dalam kuliner yang wajib dicicipi di sini adalah nasi ayam Hainan dari Tian Tian Chicken Rice yang juga diakui oleh Bib Gourmand Michelin

Tekka Market and Food Centre

Siapa sangka bahwa atlet sepak bola David Beckham pernah membuat heboh warganet Singapura ketika dirinya berfoto sambil makan mi goreng di Tekka Market and Food Centre ini? Hal itu benar adanya. Faktanya, dalam foto yang beredar kala itu, terlihat bahwa Beckham tampak santai sembari berbincang dengan temannya. 

Tekka Market and Food Centre terkenal akan keberagaman gerai makanan dari berbagai budaya. Ada pula gerai makanan Allauddin’s Briyani yang terkenal akan nasi biryani khas India. 

Selain itu, kamu juga bisa mencoba 545 Whampoa Prawn Mee, yang merupakan gerai mi udang yang telah dijalankan selama tiga generasi dan memiliki rasa otentik pastinya.

51 Old Airport Road Food Centre

Tempat yang satu ini merupakan salah satu Pusat Jajanan Kuliner tertua di Singapura, yang telah dibuka sejak tahun 1972. Di lokasi ini terdapat 160 kios jajanan dan diantaranya terdapat banyak yang masuk dalam Panduan Michelin dengan penghargaan Bib Gourmand dan Michelin Plate. 

Pusat jajanan kuliner ini telah menjadi rumah dari 160 gerai makanan. Di antaranya yang terfavorit adalah topi kwa dari To-Rico’s Guo Shi, yang merupakan hidangan mirip dengan bihun dengan ukuran sedikit lebih lebar dan dimasak dengan kuah herbal. 

Selain itu, ada pula Xin Mei Xiang Zheng Zong Lor Mee yang merupakan mie ala Hokian yang disajikan dengan kuah kental dengan aroma rempah khasnya. 

Masih banyak lagi kuliner otentik Singapura yang harus kamu coba jika berkunjung ke tempat-tempat pusat jajanan kuliner tadi. Mulai besok, Singapura telah mencabut perbatasan internasional. 

Jadi, jika kamu ingin mencoba jajanan kuliner di atas, jangan ragu lagi, ya! Singapura telah memastikan standar kebersihan di berbagai aspek industri, termasuk pariwisata dan layanan makannya, sehingga aman walaupun kamu berkunjung ke sana di tengah masa pandemi Covid-19 seperti ini. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Makin Dekat Indonesia, Varian Omicron Sudah Terdeteksi di Malaysia
Artikel Selanjutnya
Berkunjung ke Singapura Tanpa Karantina, dengan Skema Vaccinated Travel Lane