Sukses

Health

7 Panduan Diet DEBM untuk Pemula yang Memiliki Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti menginginkan berat badan yang ideal. Untuk mengurangi berat badan, banyak orang menjalankan berbagai macam metode diet. Salah satu metode diet yang populer adalah DEBM.

DEBM adalah suatu metode diet yang merupakan singkatan dari Diet Enak Bahagia Menyenangkan. Pada mulanya diet ini dipopulerkan oleh Robert Hendrik Liembono, seorang TikTokers sekaligus penulis resep makanan untuk diet. Melalui akunnya, Robert membagikan berbagai macam cara diet DEBM untuk menurunkan berat badan.

Banyak pengikutnya yang sudah berhasil menjalankan metode diet ini. Diet juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Berikut panduan menjalankan diet DEBM yang benar untuk mengurangi kolesterol:

Panduan Diet DEBM

1. Konsumsi Makanan Rendah Karbohidrat

Panduan menjalankan diet DEBM yang pertama, yaitu mengonsumsi makanan yang rendah karbohidrat. Menurut diet DEBM, karbohidrat adalah salah satu kandungan yang bisa membuat berat badan naik dan menyebabkan obesitas. Untuk mengganti karbohidrat, diet DEBM ini menyarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein dan tinggi lemak. Sehingga kamu bisa mengonsumsi makanan berprotein tinggi yang berasal dari hewani, dan boleh mengonsumsi makanan yang digoreng.

2. Hindari yang Mengandung Gula Tambahan

Saat menjalankan diet DEBM, lebih baik hindari makan makanan yang manis, yang memiliki kandungan tinggi gula atau gula tambahan. Gula bisa meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh, yang meningkatkan produksi lemak jahat atau kolesterol di dalam tubuh dan bisa memicu obesitas. Selain makanan, kamu juga harus menghindari minuman yang manis, seperti alkohol, soda, sirup dan minuman manis lainnya.

3. Mengonsumsi Alpukat

Diet DEBM sangat mengancurkan untuk mengonsumsi buah alpukat. Karena buah alpukat memiliki kandungan tinggi lemak dan tinggi protein. Buah alpukat baik dikonsumsi saat menjalankan diet DEBM, karena buah ini tidak memiliki kandungan gula seperti buah lainnya.

Panduan Diet DEBM

4. Harus Mengonsumsi Sarapan

Menurut diet DEBM, sarapan adalah kebiasaan yang wajib dilakukan walaupun sedang diet. Karena sarapan diperlukan untuk menambah energi dalam tubuh, saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Sebaiknya konsumsi makanan yang tinggi protein dan tinggi lemak saat sarapan.

5. Minum Air Putih Secara Rutin

Air putih adalah minuman yang wajib dikonsumsi saat menjalankan diet DEBM. Air putih bisa membantu menghidrasi tubuh, meningkatkan energi dalam tubuh, dan bisa membuat perut kenyang. Sebaiknya konsumsi air putih minimal 2 liter atau 8 gelas dalam sehari.

6. Olahraga Rutin

Diet DEBM akan lebih optimal untuk menurunkan berat badan, jika diimbangi dengan melakukan olahraga secara rutin. Sebaiknya lakukan olahraga dengan intensitas sedang, seperti lari, jalan kaki, bersepeda, senam atau yoga secara rutin. Olahraga juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh, membentuk tubuh menjadi indah, dan mempercepat pembakaran lemak.

7. Jangan Makan Lebih dari Jam 6 Sore

Panduan menjalankan diet DEBM yang terakhir, yaitu jangan mengonsumsi makanan apapun setelah jam 6 sore. Batas makan malam untuk diet DEBM adalah jam 6 sore. Hal ini dilakukan agar pembakaran lemak di malam hari lebih sempurna dan optimall.

Daftar Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi

Makanan yang Boleh Dikonsumsi

Saat menjalankan program diet dengan metode DEBM, kamu boleh mengonsumsi makanan seperti telur, semua jenis ikan termasuk salmon dan tuna, daging sapi atau unggas, produk olahan susu, wortel, kembang kol, buncis, brokoli, dan sayuran hijau lainnya, serta buah-buahan tinggi lemak. Makanan ini juga bisa mengatur kadar kolesterol dalam tubuh.

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi

Tentu saja dalam menjalankan diet DEBM ada makanan yang tidak boleh dikonsumsi seperti nasi, pasta, sereal, mie, roti, dan makanan bertepung lainnya. Hindari juga makanan dan minuman yang mengandung gula atau pemanis seperti gula, madu, sirup maple, soda, teh manis, susu cokelat, atau jus. Sebaiknya kamu juga menghindari sayuran yang mengandung pati tinggi seperti kentang, ubi, labu, dan bit. Buah tinggi karbohidrat juga sebaiknya dihindari saat menjalankan DEBM seperti pisang, pepaya, melon, dan semangka. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading