Sukses

Food

8 Makanan Wajib Ada saat Maulid Nabi dari Berbagai Daerah

Fimela.com, Jakarta Selama memperingati Maulid Nabi Muhammad saw, ada banyak perayaan yang dilakukan di berbagai daerah. Biasanya Maulid Nabi sangat erat kaitannya dengan acara atau perayaan dengan menyajikan berbagai makanan khas. Setiap daerah kemungkinan punya makanan khasnya masing-masing.

1. Kuah Beulangong

Makanan dari bahan daging kambing nangka muda dan bumbu rempah yang sering dimasak dalam belanga besar dan disajikan kepada banyak orang saat Maulid Nabi.

2. Tumpeng

Nasi tumpeng sangat umum dibuat dan disajikan untuk perayaan-perayaan besar semacam syukuran Maulid Nabi. tumpeng bisa dibuat dari nasi putih atau nasi kuning dengan berbagai macam lauk yang mengelilinginya.

3. Ketupat sumpil

Ketupat sumpil berbentuk segitiga dengan makna menghubungkan manusia dengan sesama manusia dan Tuhannya. Makanan ini merupakan makanan khas Kaliwungu, Kabupaten Kendal biasanya disajikam dengan parutan kelapa atau serundeng.

4. Nasi Suci Ulam Sari

Nasi suci ulam sari merupakan makanan asal Pacitan yang dibuat dengan nasi gurih/uduk yang dilengkapi berbagai macam lauk di dalam baskom besar.

5. Gunungan

Perayaan gunungan dilaksanakan dengan membuat bentuk gunung yang dihias dan ditata dengan banyak sekali berbagai macam makanan di Jawa Tengah. Diarak ke tengah kota dan dijadikan rebutan oleh masyarakat.

6. Kue Kolombengi

Kue kolombengi merupakan jajanan tradisional berupa bolu kering yang menjadi makanan khas Maulid Nabi di Gorontalo. Biasanya kolombengi merupakan gunungan yang dihias merata dengan bolu kering.

7. Ampyang Maulid

Ampyang Mualid dari Kudus, Jawa Tengah berbeda dengan makna ampyang pada umumnya yang merupakan kerupuk ikan. Ampyang Maulid di sini adalah nasi bungkus dalam ukuran kecil yang dibungkus dengan daun jati lengkap dengan sayur dan lauk.

8. Nasi Kebuli Betawi

Nasi kebuli dibuat dalam porsi besar karena untuk dibagi-bagikan ke masyarakat. Nasi kebuli sangat gurih dan memang tak umum dibuat setiap harinya, karena itulah menjadi spesial saat Maulid Nabi atau perayaan-perayaan besar lainnya seperti hari raya dan lain sebagainya.

Itu dia sekian olahan kuliner khas Maulid Nabi dari berbagai daerah yang patut dikenal dan dilestarikan.

#ElevateWoman with Fimela

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Pisang Rai khas Bali
Artikel Selanjutnya
Resep Godok Ubi Bagulo