Sukses

Food

11 Makanan yang Tidak Punya Masa Kedaluwarsa

Fimela.com, Jakarta Bagi kita yang selalu ketat tentang tanggal kedaluwarsa, jangan khawatirkan 11 makanan ini. Sebab jika diibaratkan manusia, mereka selalu awet muda karena tak pernah menua.

Berikut 11 makanan yang tidak memiliki tanggal kedaluwarsa melansir dari rd.com;

1. Raw honey

Madu sering disebut sebagai "God's medicine" dan punya banyak manfaat kesehatan. Bagian terbaiknya, tentu saja madu tidak pernah kedaluwarsa.

2. Vinegar

Apakah ada hal yang tidak bisa dilakukan cuka apel? Selain punya banyak manfaat kesehatan luar biasa, sari cuka apel juga bisa bertahan di dapur selamanya.

Menurut Eat By Date, cuka putih, cuka anggur merah, cuka balsamic, cuka raspberry juga tidak memiliki tanggal kedaluwarsa.

"Karena sifatnya yang asam, cuka dapat mengawetkan dirinya sendiri dan tidak memerlukan pendinginan," sebut The Vinegar Institute.

 

 

3. Tepung maizena

Tergantung bagaimana tepung jagung disimpan, maka mereka akan menjadi daftar makanan abadi kita. Selama tidak basah (yang menyebabkan molekul pati berikatan dengan molekul hidrogen), disimpan di tempat kering, dan sejuk, kita tak perlu memindahkan tepung maizena dalam waktu sangat lama.

 4. Garam

Natrium klorida murni telah ada selama miliaran tahun, jadi tak heran jika garam bisa bertahan selamanya. Belum lagi, garam sering digunakan untuk melindungi makanan dari jamur dan bakteri agar awet lebih lama.

 

 

5. Kacang polong kering

Jangan bingung dengan kacang kalengan atau segar, kacang kering juga bisa bertahan hidup selamanya. Asal disimpan dalam kemasan tertutup dan kedap udara.

 

6. Gula

Mirip dengan garam, gula juga bisa bertahan selamanya jika dijauhkan dari kelembapan dan sumber panas. Dan kita juga tidak hanya bicara tentang gula murni.

Menurut Eat By Date, gula pasir putih, gula batu putih, gula mentah, gula merah, gula bubuk, pengganti gula, semua bertahan tanpa batas waktu. Meski mungkin teksturnya sudah berubah, gula tidak pernah benar-benar kedaluwarsa.

 

 

7. Minuman keras

Miras akan abadi jika disimpan di tempat sejuk dan tidak dibiarkan terbuka. Sebab jika sudah terbuka dan terkena udara, akan mulai kehilangan rasa dan strukturnya karena oksidasi.

Alkohol juga dapat terpengaruh jika terkena kondisi cuaca ekstrem, cahaya yang intens, atau panas.

 

8. Ekstrak vanila murni

Karena ekstrak vanila murni mengandung alkohol, ini membantu memperpanjang umur simpannya. Sementara ekstrak vanila imitasi tidak memiliki alkohol sebanyak rekan murninya.

 

 

9. Beras

Terlepas dari apakah kita menyimpan beras di lemari es, dapur, atau freezer, beras tidak akan pernah basi. Beras putih punya masa simpan tak terbatas jika terbebas dari kontaminan.

Pengecualian adalah beras merah, berkat kandungan minyak yang tinggi, tidak akan bertahan lama.

 

10. Sirup maple murni

Jika kita membeli sirup maple palsu, sebaiknya dipertimbangkan lagi. Sebab sirup maple yang belum dibuka akan bisa disimpan selamanya, hanya perlu mendinginkannya.

 

11. Kecap

Kecap adalah makanan lain yang tidak memiliki tanggal kedaluwarsa. Sekarang tidak perlu lagi jijik mengeluarkan botol kecap tua dari lemari kita.

#ElevateWomen 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading