Sukses

Food

Resep Talua Barendo khas Padang

Fimela.com, Jakarta Menggoreng telur memang paling enak dan menggugah selera jika dibuat dadar. Tapi cara setiap orang menggoreng telur dadar mungkin saja berbeda. Salah satu telur dadar yang enak dan unik dari Padang disebut talua barendo, dengan kata lain adalah telur berenda.

Nah, bagaimana bisa berenda? Ternyata telurnya memiliki serabut-serabut mirip renda yang justru menambah kenikmatan dari leur dadar goreng itu sendiri. Jika penasaran bagaimana cara membuatnya, yuk deh coba resep ini!

Bahan:

  • 3 butir telur ayam
  • 1 batang daun bawang
  • 1 siung bawang merah
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt cabai bubuk
  • minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Iris tipis daun bawang dan bawang merah.
  2. Pecahkan telur di dalam mangkuk, campurkan dengan semua bumbu iris. Masukkan cabai bubuk (jika tidak ada, bisa diganti cabai rawit), garam dan kaldu bubuk. 
  3. Kocok telur hingga semua bahan tercampur rata dan berbusa. 
  4. Siapkan panci, tuang minyak goreng setengah dari isi panci. Tips membuat telur barendo agar berhasil adalah menggunakan banyak minyak. Jadi Usahakan minyaknya banyak. Panaskan minyak.
  5. Jika sudah panas, tuangkan adonan telur ke dalam panci dengan jarak agak jauh di atas secara sedikit demi sedikit dengan gerakan memutar sehingga bisa menciptakan hadil berenda nantinya. Jika dituang sekaligus, telur dadar tidak akan berenda.
  6. Telur akan mengapung sendiri ke atas dan menjadi satu ketika digoreng. Aduk-aduk sesekali agar matangnya merata.
  7. Jika satu sisi sudah benar kecokelatan krispi, bari dibalik. Angkat dan tiriskan. Satu adonan telur ini bisa menjadi dua talua barendo.

Sajikan talua barendo khas Padang dengan nasi hangat.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading