Sukses

Food

Bikin Makanan Lebih Sehat, Ini 6 Tips agar Gorengan Tidak Menyerap Banyak Minyak

Fimela.com, Jakarta Tidak dapat disangkal bahwa menyantap makanan pembuka yang renyah dan digoreng adalah menjadi kebiasaan sehari-hari. Tidak peduli seberapa sadar kesehatan kita, godaan gorengan dan camilan sulit ditolak. Sebagian dari kita mungkin gagal dalam menahan godaan dan merasa bersalah setelah memakan gorengan karena telah merusak rencana diet.

Namun, kamu dapat menikmati goreng sesuka hatimu dengan memperhatikan beberapa tips menggoreng agar gorengan tidak menyerap banyak minyak. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Pilih Wajan yang Bersih

Pilih wajan yang bersih dan pastikan tidak ada endapan atau lapisan makanan yang gosong terutama jika kamu berencana untuk memasak adonan gorengan atau makanan ringan yang dicelupkan ke dalam tepung.

Hal ini menyebabkan penyerapan minyak yang berlebihan dan merusak rasa makanan. Selain itu, endapan di wajan dapat menempel pada gorengan, sehingga sulit untuk menggoreng dan menyebabkan penyerapan minyak lebih banyak.

Perhatikan Lapisan untuk Menggoreng Makanan

Breading atau melapisi makanan ringan dengan remah roti, tepung dan makanan lain seperti gandum dapat meningkatkan kalori. Jika kamu ingin mengurangi penyerapan minyak pada gorengan atau makanan ringan, pastikan melapisi makanan ringan dengan adonan tipis tepung serbaguna, tepung beras atau tepung jagung. Karena kandungan glutennya, membantu mengikat makanan ringan dan meminimalkan penyerapan minyak. Selain itu, pastikan kamu tidak menambahkan terlalu banyak tepung saat melapisi makanan ringan, terlalu banyak tepung menyebabkan penyerapan minyak yang berlebihan.

Rebus Setengah Matang Sebelum Menggoreng

Cara termudah untuk meminimalkan penyerapan minyak dalam makanan yang digoreng adalah dengan merebus sayuran atau daging terlebih dahulu sebelum menggorengnya. Ini tidak hanya menghemat banyak waktu, tetapi pada saat yang sama mengurangi penyerapan minyak. Cukup masak sayuran, daging atau ikan terlebih dahulu dan goreng dalam minyak panas, ini membantu membuat camilan tidak terlalu berminyak.

Gunakan Tisu Makanan untuk Meniriskan

Menyeka gorengan dengan kertas atau tisu adalah cara lain untuk mengurangi konsumsi minyak berlebihan dari makanan. Tentu terlalu banyak minyak yang masuk dalam tubuh hanya akan menambah masalah kesehatanmu.

Perhatikan Suhu

Periksa suhu minyak sebelum menggoreng camilan. Memasak dengan suhu tinggi membantu meminimalkan penyerapan minyak dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menyimpan termometer dapur sebelum menggoreng makanan. Ini tidak hanya memastikan bahwa makanan matang sempurna di dalam, tetapi pada saat yang sama membuat makanan menjadi renyah dan tidak berminyak.

Gunakan Essentials Berkarbonasi

Cara mudah lain untuk mengurangi penyerapan minyak adalah dengan menambahkan sedikit cairan berkarbonasi atau soda kue ke dalam adonan, ini membantu melepaskan gelembung gas, yang selanjutnya mengurangi penyerapan minyak saat menggoreng camilan.

Well, itu tadi beberapa cara membuat makanan tidak menyerap banyak minyak saat digoreng

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading