Sukses

Food

7 Makanan khas Lebaran yang Paling Populer di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Lebaran telah tiba, minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang sangat istimewa. Lebaran juga menjadi hari yang sangat spesial dengan adanya berbagai momen mengesankan di dalamnya. Selain identik dengan momen mudik dan bersilaturahmi ke sanak saudara, lebaran juga menjadi momen mengesankan karena ada berbagai masakan khas Lebaran yang bisa dicicipi. 

Ada banyak makanan atau masakan khas Lebaran yang paling populer di Indonesia. Apa saja itu? Simak yang berikut ini dan mana yang menjadi idolamu Sahabat Fimela?

Ketupat

Makanan pertama yang paling populer adalah ketupat. Hampir di seluruh daerah di Indonesia menjadikan ketupat sebagai sajian paling istimewa dan ditunggu. Ketupat biasanya disajikan bersama lauk pauk yang juga identik saat lebaran mulai dari opor ayam, gulai nangka hingga sambal goreng ati kentang.

Opor Ayam

Makanan kedua yang juga tak kalah popoler adalah opor ayam. Menu ini bisa saja menjadi menu wajib di setiap rumah saat Hari Raya tiba.

Gulai Nangka Muda

Gulai nangka muda juga menjadi makanan paling populer saat Hari Raya tiba. Gulai nangka akan disajikan bersama ketupat dan menu makanan lain. Rasanya yang gurih dan berkuah santan lezat, menjadikan gulai nangka sebagai makanan favorit hampir semua orang.

Soto

Soto juga menjadi makanan atau menu wajib saat Lebaran bagi beberapa orang. Soto adalah masakan berkuah dengan isian beragam mulai dari irisan ayam goreng, soun, tauge, kentang goreng renyah dan sejenisnya. Soto memiliki cita rasa yang gurih dan menggugah selera. Disantap bersama sambal dan kecap akan menambah cita rasanya yang lebih mantap.

Sate Ayam

Bagi beberapa orang, sate ayam juga menjadi hidangan yang wajib ada saat Lebaran. Sate ayam bisa disajikan bersama ketupat maupun nasi putih.

Rendang

Rendang juga menjadi makanan khas Lebaran yang paling populer. Rendang memiliki cita rasa gurih manis yang begitu menggugah selera. Masakan khas Padang ini tak hanya populer di Padang dan sekitarnya, tetapi juga di hampir seluruh daerah di Indonesia.

Semur Daging

Masakan daging nampaknya menjadi masakan paling idola dan populer saat Hari Raya. Semur daging juga menjadi masakan yang paling dicari saat lebaran tiba. Sebagian besar orang akan membuat semur daging di malam Hari Raya dan menyajikannya untuk keluarga tercinta yang berkunjung ke rumah untuk bersilaturahmi.

Itulah beberapa makanan khas Lebaran yang paling populer. Selain makanan di atas, kue kering dan aneka minuman juga menjadi salah satu sajian wajib di Hari Raya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading