Sukses

Food

5 Cara agar Ketupat Tidak Mudah Basi, Lakukan Ini setelah Matang

Fimela.com, Jakarta Ketupat sangat identik dengan Lebaran. Biasanya ketupat dibuat dan dinikmati dengan ragam menu dan lauk lezat. Kita pun bisa membuat ketupat yang empuk dan padat di rumah.

Kali ini, Fimela akan bagikan sejumlah tips dan cara memasak ketupat agar tidak mudah basi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan bisa dicoba setelah ketupat matang agar bisa tahan lebih lama serta tidak gampang berlendir. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Celupkan Ketupat yang Baru Matang ke Air Dingin

Ketupat yang baru matang, bisa langsung dicelupkan ke dalam air dingin atau air es selama beberapa saat. Namun, bukan direndam dalam waktu lama, cukup beberapa menit saja. Dengan begini proses pemanasan ketupat bisa segera berhenti dan dapat dingin sempurna.

2. Ketupat Diangin-anginkan

Supaya ketupat bisa tahan lama, setelah matang dan dicelupkan air dingin perlu diangin-anginkan. Bisa dengan cara digantung atau dihamparkan di tampah. Dengan cara ini, kandungan air dalam ketupat bisa menyusut dan ketupat tidak mudah berlendir.

3. Simpan Ketupat di Lemari Pendingin

Menyimpan ketupat dalam kulkas atau lemari pendingin bisa membuatnya lebih tahan lama. Ketika mau mengonsumsi ketupat bisa tinggal dihangatkan kembali. 

 

4. Hindari Tempat Lembap

Kalau tidak ada kulkas, ketupat bisa disimpan di tempat lain. Hanya saja pastikan saat menyimpan ketupat, kita menggunakan wadah yang bersih dan tidak lembap. Sirkulasi udara juga harus baik agar ketupat tahan lama. Tempat lembap hanya akan membuat ketupat lebih mudah basi.

5. Kukus Ulang

Biasanya ketupat bisa bertahan selama 2-3 hari. Tapi jika ingin membuatnya lebih tahan lama, bisa coba dikukus di hari kedua atau ketiga untuk dikonsumsi di hari selanjutnya. Selama tidak terlalu berair, ketupat bisa tetap aman dikonsumsi.

Lima cara di atas merupakan cara paling dasar untuk membuat ketupat lebih tahan lama. Semoga tips dan cara di atas bermanfaat, ya. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading