Sukses

Food

5 Cara agar Daging Rendang Cepat Empuk, Perhatikan Ini saat Memasak

Fimela.com, Jakarta Untuk membuat sajian rendang yang enak dengan daging sapi, kita memang perlu bersabar dalam proses memasaknya. Selain menyiapkan aneka rempah dan bumbu untuk rendang, kita juga perlu memastikan proses memasak daging juga tepat agar empuk.

Ada sejumlah cara yang bisa dicoba agar daging rendang bisa cepat empuk. Mulai dari pemilihan jenis daging hingga mempersiapkan daging sebelum dicampur dan dimasak dengan bumbu. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Gunakan Daging Bagian Paha

Daging bagian paha cocok diolah menjadi rendang karena teksturnya kuat dan tidak mudah hancur. Selain itu, buang juga bagian lemak daging supaya nantinya ketika diolah menjadi rendang tidak alot.

2. Potong Daging Searah dengan Seratnya

Kenapa harus searah dengan seratnya? Bila daging dipotong tidak searah seratnya, maka nanti ketika diolah jadi agak alot. Potong daging dengan ketebalan yang cukup dan searah dengan seratnya agar ketika dimasak bisa cepat empuk.

3. Gunakan Buah Nanas

Nanas muda bisa dipakai untuk mengempukkan daging. Caranya, saat merebus daging, tambahkan sedikit potongan buah nanas ke dalamnya. Masak daging dan buah nanas bersama-sama hingga daging empuk. Bisa juga dengan membaluri daging sapi dengan buah nanas parut, lalu didiamkan beberapa saat sebelum diolah. Selain buah nanas, jahe parut juga bisa dipakai untuk membaluri daging agar cepat empuk.

 

 

 

4. Daging Dipukul-pukul tanpa Membuatnya Hancur

Cara ini juga bisa bantu memudahkan proses bumbu meresap lebih sempurna. Daging bisa dipukul-pukul atau sedikit dipipihkan tanpa membuatnya hancur sebelum dibumbui.

5. Pakai Metode 5-30-7

Kalau memasak rendang dalam porsi sedikit dengan daging yang tidak terlalu banyak, metode ini bisa dipakai. Caranya, daging dimasukkan dalam air mendidih, rebus selama 5 menit. Lalu, matikan kompor. Diamkan daging di dalam panci tertutup selama 30 menit. Setelah itu, nyalakan kembali kompor dan rebus kembali daging selama 7 menit.

Apakah Sahabat Fimela punya cara atau tips lain agar daging rendang bisa cepat empuk? Silakan berbagi info lainnya jika punya, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading