Sukses

Food

Mengenal Tepung Ketan, Bahan Pembuatan dan Manfaatnya

Fimela.com, Jakarta Tepung ketan menjadi salah satu bahan makanan yang bisa dengan mudah kita temukan di pasaran. Tepung ketan memiliki tekstur yang mirip dengan tepung-tepung lainnya. Tepung ketan menjadi tepung yang banyak digunakan untuk bahan dasar pembuatan kue tradisional khas Indonesia. 

Mengenai tepung ketan, selama ini tepung ketan sering disamakan dengan tepung beras. Namun penting kita tahu, tepung ketan dan tepung beras adalah dua jenis tepung yang berbeda. Kedua terbuat dari bahan yang berbeda.

Bahan Dasar Tepung Ketan

Tepung ketan adalah tepung yang terbuat dari bahan dasar beras ketan. Jika dibandingkan dengan beras biasa, beras ketan memiliki tekstur yang lebih lengket setelah dimasak. Beras ketan juga memiliki cita rasa yang lebih gurih dan manis setelah dimasak. Karena sifatnya yang lengket, beras ketan tidak digunakan sebagai makanan pokok melainkan digunakan untuk bahan dasar pembuatan kue tradisional.

Untuk tepung ketan, tepung ini juga akan memiliki tekstur yang lebih kenyal dan lengket setelah dimasak. Sementara itu, ketika tepung ketan diolah menjadi kue kering, kue yang dihasilkan akan memiliki tekstur yang lebih renyah.

Manfaat Tepung Ketan

Selama ini tepung ketan banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan kue tradisional. Ada beragam kue yang terbuat dari tepung ketan antara lain klepon, kue mendut, kue lapis betawi, candil, kue lapek bugis, kue kering akar kelapa, dan masih banyak lagi. 

Itulah sekilas mengenai tepung ketan, bahan dasar untuk membuatnya dan manfaatnya. Semoga informasi ini bermanfaat. Pastikan untuk tidak salah lagi dalam membedakan tepung ketan dengan tepung lainnya.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading