Sukses

Food

5 Manfaat Telur untuk Pembuatan Kue, Memberi Aroma Hingga Warna

Fimela.com, Jakarta Telur menjadi salah satu bahan penting untuk membuat kue. Beberapa jenis kue menggunakan bahan utama roti untuk mendapatkan cita rasa, aroma dan warna yang menarik. Keberadaan telur dalam kue juga akan menambah nilai gizi serta nutrisi pada kue. 

Mengenai telur dalam kue, sudahkah kamu tahu apa saja manfaat lain penggunaan telur pada kue? Ternyata, telur memiliki banyak manfaat untuk pembuatan kue. Apa mafaat telur telur tersebut? Simak yang berikut ini.

Memberi Cita Rasa dan Aroma pada Kue

Manfaat pertama telur dalam kue adalah pemberi cita rasa dan aroma. Adanya tambahan telur pada kue bisa membuat kue memiliki cita rasa yang lebih gurih, lezat dan menggugah selera. Aroma kue pun akan lebih khas dan menarik. 

Mengikat Adonan Kue

Tekstur telur yang cenderung lengket namun cair bermanfaat mengikat adonan kue. Adonan kue akan menjadi lebih kalis dan tercampur merata. Telur akan membuat adonan kue menjadi lebih baik dan mudah dibentuk nantinya. Kue pun akan memiliki tekstur yang lebih baik ketika dimasak dan matang.

Memberi Efek Kering pada Kue

Beberapa kue akan memiliki tekstur yang lebih kering dan renyah. Ini karena adanya telur di dalamnya. Putih telur akan memberi efek kering yang renyah pada kue terutama pada aneka kue kering. Tak hanya memberi efek kering, telur juga memberi efek aroma yang khas pada kue kering. 

Warna Kue Semakin Cantik

Kuning telur banyak digunakan sebagai bahan kue agar kue tampak lebih cantik dan menggugah selera. Kuning telur biasa digunakan sebagai bahan olesan kue yang memberi warna kuning keemasan cantik. Nastar, kastengel dan beberapa kue lainnya adalah contoh kue yang memiliki warna cantik dari olesan kuning telur. 

Bahan Pembuatan Krim pada Kue

Telur adalah bahan untuk pembuatan krim pada kue. Putih telur yang dikocok lepas dalam waktu lama akan berbentuk menjadi krim. Konsistensi putih telur yang kental akan membuat krim menjadi semakin lezat dengan tekstur yang menggugah selera. Krim biasanya akan ditambahkan gula, vanili dan bahan lainnya untuk dapatkan cita rasa yang lebih mengesankan. 

Itulah beberapa manfaat telur pada pembuatan kue. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading