Sukses

Food

5 Tips Memasak Ayam Rendang Beserta Resepnya, Rahasia Bikin Daging Empuk

Fimela.com, Jakarta Sudah bukan rahasia lagi jika rendang merupakan salah satu hidangan terlezat di dunia. Hidangan khas kaya rempah yang satu ini kerap dijadikan menu spesial yang wajib ada dalam setiap perayaan hari-hari besar di Indonesia. 

Selain menggunakan daging sapi, rendang juga biasanya disajikan dengan menggunakan daging ayam. Baik daging sapi maupun daging ayam, keduanya sama-sama enak, apalagi jika kamu dapat membuat racikan bumbu rendangnya yang pas. 

Nah, supaya hidangan ayam rendang yang kamu buat terasa lezat, enak, wangi, dan gurih, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan. Tips ini juga akan membuat daging ayam yang kamu gunakan memiliki tekstur yang empuk dan bumbunya meresep sempurna. 

Untuk itu, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 tips memasak ayam rendang beserta resepnya. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Tips Memasak Ayam Rendang

1. Memilih Jenis Ayam yang Tepat

Rahasia kelezatan ayam rendang ada pada tekstur dagingnya. Maka dari itu, tips pertama untuk membuat hidangan ayam rendang ialah dengan memilih jenis ayam yang tepat.

Sebenarnya semua jenis ayam bisa kamu gunakan untuk membuat rendang, namun jika kamu ingin sajiannya lebih gurih, bumbunya lebih menyerap, dan teksturnya masih bagus, maka disarankan sebaiknya kamu memilih ayam kampung atau pejantan. Sayangnya, harga ayam kampung memang sedikit lebih mahal dibanding jenis ayam lainnya. 

Untuk alternatifnya, kamu juga bisa menggunakan daging ayam boiler karena harganya lebih terjangkau dan kamu bisa memasaknya dengan porsi besar. Hanya saja, daging ayam boiler mudah hancur, jadi sebaiknya kamu tidak memasaknya terlalu lama.

2. Perhatikan Cara Membersihkan Ayam

Tidak hanya daging sapi atau kambing saja yang memiliki bau prengus, daging ayam juga jika tidak dibersihkan dengan baik, maka akan menimbulkan bau amis yang menyengat. Maka dari itu, agar ayam yang dimasak tidak mengeluarkan bau amis atau kurang sedap, kamu perlu tahu cara membersihkannya yang tepat. 

Untuk membersihkan daging ayam, kamu bisa menggunakan tisu. Caranya cukup menekan-nekan saja bagian seluruh tubuh ayam menggunakan tisu dapur. 

Selain itu, kamu juga bisa membersihkan ayam dengan cara direbus. Pertama, kamu perlu memasak air hingga mendidih, lalu rebus ayam selama sekitar 1 menit. Setelah itu, buang air rebusannya dan daging ayam pun siap untuk dimasak menjadi sajian ayam rendang yang menggugah selera. 

Tips Memasak Ayam Rendang

3. Memilih Kelapa Tua untuk Bahan Santan

Berikutnya, tips ketiga yang perlu kamu perhatikan saat membuat ayam rendang ialah pemilihan jenis kelapa untuk bahan baku pembuatan santan. Disarankan agar kamu memilih kelapa yang sudah tua dimana teksturnya cenderung agak keras.

Alasannya karena kelapa tua bisa membuat rendang Ibu lebih gurih. Untuk memastikan kelapa yang kamu pilih adalah kelapa tua, kamu bisa memperhatikan kulit kelapa dan memukul kelapanya. Jika teksturnya keras dan saat dipukul nyaring, artinya kelapa cukup tua.

4. Memperhatikan Takaran Bumbu

Selanjutnya, saat memasak hidangan ayam rendang, kamu perlu memperhatikan takaran bumbunya. Jika tidak, maka takaran bumbu yang kelebihan atau kekurangan akan mempengaruhi cita rasa ayam rendang, terutama untuk bumbu-bumbu beraroma atau berasa tajam.

Sebagai contohnya, jika kamu terlalu banyak memasukkan kunyit, maka aroma rendangnya akan langu dan meninggalkan rasa getir atau pahit di lidah. Sementara kalau kamu terlalu banyak menggunakan jahe, maka aroma rendangnya akan menjadi terlalu kuat, bahkan rasa pedasnya bisa melebihi rasa pedas cabai. 

Daripada masakanmu bisa gagal, lebih baik sedari awal kamu mengikuti resep-resep ayam rendang yang bisa kamu temukan dengan mudah di internet.

5. Memasak dengan Api Kecil

Kunci kematangan sempurna dari sajian ayam rendang adalah meresapnya bumbu pada masakan secara merata. Untuk itu, kamu perlu menggunakan api kecil saat memasak ayam rendang. Pasalnya, selain membantu bumbu meresap dengan baik, penggunaan api kecil juga mempengaruhi tekstur daging ayam menjadi tidak mudah hancur dan empuk. 

Resep Rendang Ayam Super Lezat

Nah, setelah kamu sudah tahu tips-tips memasak hidangan ayam rendang, kini saatnya kamu mulai membuatnya. Supaya masakan kamu tidak gagal dan rasanya terjamin, kamu bisa mengikuti resep hidangan ayam rendang di bawah ini: 

Bahan-bahan: 

  • 1 ekor ayam kampung (potong menjadi 12 sampai 15 bagian)
  • 6 lembar daun jeruk
  • 3 batang serai (memarkan)
  • 1 sdt asam jawa
  • 2 lembar daun kunyit (tali simpul)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • 6 cm lengkuas (memarkan)
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • 1000 ml santan kelapa

Bahan bumbu halus: 

  • 12 buah cabai keriting
  • 5 buah cabai merah besar (buang isi)
  • 13 butir bawang merah
  • 7 buah cabai rawit
  • 5 siung bawang putih
  • 1/4 sdt merica
  • 2,5 sdt ketumbar
  • 2 cm jahe
  • 5 cm kunyit (bakar dulu sebelum dihaluskan)
  • Gula pasir (secukupnya)
  • Garam (secukupnya)

Cara membuat ayam rendang: 

  1. Kukus daging ayam hingga matang dan empuk.
  2. Goreng setengah matang agar saat dimasak tidak terlalu amis.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum. Sisihkan sebentar.
  4. Rebus santan kelapa bersama batang serai, asam jawa, daun jeruk, lengkuas dan daun kunyit hingga mendidih.
  5. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan.
  6. Tambahkan daging ayam dan aduk rata.
  7. Tambahkan garam, gula pasir dan kaldu ayam bubuk agar rendang ayam rasanya lebih nendang.
  8. Masak atau ungkep hingga air santan cukup asat dan bumbu meresap ke dalam daging ayam dengan baik.
  9. Angkat dan sajikan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading