Sukses

Food

5 Kesalahan yang Perlu Dihindari saat Membuat Baked Potato, Simak Resepnya

Fimela.com, Jakarta Baked potato merupakan satu dari banyaknya hidangan-hidangan ala Eropa yang masuk ke Indonesia. Baked potato atau kentang panggang dalam bahasa Indonesia merupakan hidangan kentang panggang yang disajikan bersama isian beragam topping atau bumbu seperti mentega, keju, krim asam, saus, kacang panggang, dan bahkan daging giling atau daging kornet.

Hidangan baked potato juga menjadi hidangan yang paling mudah kamu temui di resto-resto fancy ala western, terutama jika kamu mengunjungi restoran sajian khas Italia. Tidak seperti kentang panggang pada umumnya, baked potato digemari karena memberikan cita rasa yang sulit ditolak. 

Bayangkan saja, satu sajian baked potato yang masuk ke dalam mulut akan memberikan sensasi kentang empuk dan lumeran keju dalam satu suapan. Apakah kamu tertarik untuk membuat baked potato di rumah? 

Nah, untuk kamu yang ingin mencoba membuat baked potato, kamu perlu memperhatikan beberapa tips di bawah ini. Berikut Fimela.com kali ini telah merangkum 5 kesalahan yang perlu dihindari saat membuat baked potato, lengkap beserta resepnya: 

Kesalahan yang Perlu Dihindari saat Membuat Baked Potato

1. Tidak membilas dan mengeringkan kentang dengan baik

Kesalahan pertama yang perlu dihindari saat membuat baked potato ialah tidak membilas atau membersihkan kentang dengan baik. Pasalnya, kentang yang akan kamu gunakan untuk membuat baked potato seharusnya dibersihkan terlebih dahulu dengan cara dibilas dan disikat agar kotoran yang melekat pada kulitnya bisa terangkat. 

Setelah membersihkannya, pastinya kentang berada dalam keadaan basah, bukan? Nah, maka dri itu, kamu perlu mengeringkannya. Sebab jika tidak, maka kentang akan lembap dan hal ini akan mempengaruhi proses pemanggangan. 

2. Menggunakan aluminium foil sebagai pembungkus kentang

Sebagian besar orang akan membungkus kentang dengan alumunium foil saat akan dipanggang. Padahal kamu sebenarnya tidak perlu melakukannya. Sebab, membungkus kentang dengan alumunium foil akan merusak kulit kentang. 

Pasalnya, saat kamu membungkus kentang dengan alumunium foil, semua kelembapan dari kentang hanya berputar kembali ke kulit kentang, yang dapat membuat permukaan kulitnya menjadi rusak. Maka dari itu, setelah kamu selesai membersihkan dan mengeringkan kentang, kamu tidak perlu membungkusnya dengan alumunium foil. 

3. Tidak menggunakan rak kawat saat memanggang kentang

Kunci kesempurnaan sajian baked potato ialah tingkat kematangannya yang harus merata sehingga kentang matang sempurna. Untuk itu, kamu perlu memastikan bahwa udara panas bisa masuk ke kentang dari semua sisi. 

Jika kentang dipanggang dengan satu sisi menyentuh loyang, maka kentang bisa jadi tidak matang dengan merata. Maka dari itu, jangan lupakan peran rak kawat saat kamu memanggang kentang atau memasukkan kentang ke dalam oven. 

Disarankan agar kamu menempatkan rak kawat tipis di dalam loyang berbingkai. Sejajarkan kentang secara berdampingan, dan masukkan loyang ke dalam oven. Pastikan ada sedikit ruang di antara setiap kentang sebelum menutup pintu oven.

Kesalahan yang Perlu Dihindari saat Membuat Baked Potato

4. Suhu oven terlalu panas

Beberapa sumber menyebutkan bahwa rahasia kematangan baked potato adalah dengan memanggangnya dengan suhu rendah dan durasi waktu yang sedikit agak lama. Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan suhu oven saat memanggang kentang. 

Ingat, menaikkan suhu oven menjadi terlalu panas tidak akan membuat hidangan baked potato matang merata. Kamu mungkin bisa menghemat banyak waktu saat menaikkan suhu oven, namun hal ini akan membuat kulit kentang terlihat sangat cokelat, bahkan tampilannya mirip seperti kentang yang hangus.

5. Tidak mengolesi kentang dengan minyak zaitun dan garam

Cita rasa kentang yang gurih terletak pada saat kamu mengolesi kentang dengan minyak zaitun dan menaburinya dengan garam. Maka dari itu, sebelum kamu memasukkan ke dalam panggangan, sebaiknya kamu mengolesinya dengan minyak zaitun dan menaburinya dengan garam halal.

Setelah mengolesinya, panggang kembali kentang ke dalam oven selama 10 menit. Minyak akan mengeringkan kulit yang mengalami dehidrasi selama pemanggangan yang lama, dan garam akan menambah rasa yang lezat.

Resep Sederhana Baked Potato

Nah, setelah kamu sudah mengetahui hal-hal apa saja yang perlu kamu hindari saat membuat baked potato, kini saatnya kamu mulai membuat hidangannya. Untuk itu, berikut resep sederhana baked potato yang bisa kamu coba di rumah: 

Bahan-bahan:

  • 4 buah kentang
  • Keju mozarella secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Mayonise
  • Margarin

Cara membuat baked potato: 

  1. Cuci bersih kentang, kemudian rebus dalam air yang sudah diberi garam.
  2. Setelah kentang matang, tiriskan.
  3. Letakkan kentang pada loyang yang sudah diberi alumunium foil. Tekan perlahan, supaya kentang merekah.
  4. Olesi kentang dengan margarin. Beri mayonaise dan keju.
  5. Panggang dalam oven kurang lebih 5 menit.
  6. Baked Potato yang yummy siap disajikan. Jika kamu suka pedas tambahkan saos sambal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading