Sukses

Food

Mengenal Sejarah Nasi Ayam Hainan, Kuliner yang Jadi Rebutan Dua Negara

Fimela.com, Jakarta Selain nasi lemak, hidangan lainnya yang mudah kamu temukan di Malaysia dan Singapura adalah nasi ayam hainan. Hidangan yang satu ini menyajikan menu ayam yang diolah dengan resep tradisional. 

Ayam hainan terkenal dengan tekstur dagingnya yang empuk dan lembut serta tampilannya yang bersih seperti daging ayam utuh yang tidak diberi bumbu. Padahal jangan tanya soal rasa, ayam hainan memiliki cita rasa yang gurih, wangi, dan lezat. 

Siapa sangka, nasi ayam hainan dalam sejarahnya pernah menjadi hidangan yang diperebutkan oleh Singapura dan Malaysia, lho. Penasaran? 

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas sejarah nasi ayam hainan beserta resepnya. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Seputar Nasi Ayam Hainan

Nasi ayam hainan adalah hidangan yang terdiri dari ayam putih kukus lezat yang dipotong-potong dan disajikan di atas nasi harum dengan sedikit kecap asin. Hidangan ini diberi taburan daun ketumbar dan minyak wijen di atasnya, dan disertai saus bawang putih-cabai.

Dari sekian banyak kuliner khas Asia Tenggara, nasi ayam hainan adalah salah satunya yang paling populer. Bukan tanpa alasan, nasi ayam hainan memang memiliki cita rasa yang sesuai dengan selera orang-orang Asia Tenggara, terutama untuk masyarakat Malaysia dan Singapura.

Berbicara soal nasi ayam hainan, tahukah kamu bahwa kuliner ini sejak dulu sudah menjadi perdebatan antara Malaysia dan Singapura. Hal ini terjadi karena masing-masing negara mengklaim bahwa nasi ayam hainan merupakan kuliner khas dari negaranya. Maka dari itu, orisinalitas dari nasi ayam hainan kerap dipertanyakan. 

Perdebatan Asal Usul Nasi Ayam Hainan

Perdebatan orisinalitas dari hidangan nasi ayam hainan mulai memuncak saat Malaysia dan Singapura berpisah pada tahun 1965. Pada saat itu, Menteri Pariwisata Malaysia, Ng Yen Yen menegaskan bila nasi ayam hainan merupakan hidangan asli Malaysia yang telah dibajak oleh Singapura.

Tidak mau kalah dengan Malaysia, pusat makanan Singapura yakni, Hawker justru mendapatkan penghargaan warisan budaya dari UNESCO karena Singapura berhasil menyajikan nasi ayam hainan sebagai sajian spesial di delapan restoran berbintang Michelin.

Jika diusut dari rekam jejak sejarahnya, beberapa sumber menyebutkan bahwa cita rasa dan teknik memasak ayam hainan sangat mirip dengan ayam khas China yang disebut Wen Chang. Maka dari itu, banyak pihak merasa bahwa nasi ayam hainan merupakan hidangan hasil adaptasi dari Wen Chang.

Sementara itu, klaim dari Malaysia pun bermunculan. Juru masak asal Malaysia yang bernama Norman Musa, mengungkapkan adanya hubungan antara imigran Hainan yang datang mengungsi ke Asia Tenggara setelah Perang Dunia II, dimana mereka dianggap membawa menu ayam hainan untuk menjadi konsumsi harian. Tentu saja narasi ini secara tidak langsung membantah klaim bahwa nasi ayam hainan berasal dari Singapura. 

Tidak hanya itu saja, Malaysia juga menegaskan bila mereka telah membuka kedai atau restoran nasi ayam di tahun 1939. Maka dari itu, Norman Musa meyakini bahwa Malaysia lebih layak dibandingkan dengan Singapura untuk melakukan klaim atas nasi ayam hainan sebagai makanan khas negaranya.

Resep Nasi Ayam Hainan

Terlepas dari perdebatan asal usulnya, nasi ayam hainan tetap menjadi menu favorit banyak orang. Nah, untuk kamu yang penasaran dengan cita rasa ayam hainan, berikut Fimela.com bagikan resep praktisnya yang bisa kamu coba di rumah. 

Resep Nasi Hainan

Bahan-bahan: 

  • 400 gram beras, cuci bersih dan tiriskan
  • 800 ml kaldu ayam
  • 2 ruas jahe
  • 4 siung bawang putih, geprek
  • 1,5 sdm minyak wijen
  • garam dan kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat nasi hainan: 

  1. Panaskan minyak wijen dan tumis jahe serta bawang putih sampai harum.
  2. Masukkan beras dan aduk sampai semua tercampur rata.
  3. Angkat dan masukkan beras ke dalam rice cooker.
  4. Tambahkan kaldu ayam seperti memasak nasi pada umumnya.
  5. Tambahkan garam dan kaldu bubuk.
  6. Aduk rata dan tekan tombol cook.
  7. Sesekali aduk dan koreksi rasa.
  8. Saat sudah matang nasi siap disajikan bersama ayam dan hidangan lainnya.

Resep Ayam Hainan Saus Jahe

Bahan-bahan:

  • 1 ekor ayam
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 5 sdt garam
  • 1 sdm minyak wijen
  • 3 ruas jari jahe, memarkan
  • 1 tangkai daun bawang, iris kecil
  • 1,5 liter air

Bahan saus jahe: 

  • 25 gram jahe
  • 150 cc kaldu ayam
  • 1,5 sdm kecap ikan
  • minyak goreng secukupnya

Cara membuat ayam hainan saus jahe: 

  1. Campurkan minyak wijen, jahe serta garam dan aduk rata.
  2. Lumuri ayam dengan bumbu ini dan diamkan selama setengah jam.
  3. Siapkan daun bawang, jahe, serta garam dan masukkan ke dalam ruang rongga ayam secara perlahan.
  4. Rebus ayam dalam air yang sudah dicampur dengan gula dan garam selama kurang lebih 20-25 menit.
  5. Setelah itu buat saus jahenya.
  6. Tumis jahe dan campur dengan kaldu.
  7. Masukkan kecap ikan dan masak sampai rata.
  8. Angkat saus.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading