Sukses

Food

Tips Membuat Saus Barbeque Beserta Resepnya

Fimela.com, Jakarta Beberapa hidangan makanan menjadi kurang lengkap rasanya jika tidak disajikan dengan saus pendamping. Ada beragam jenis saus yang biasa digunakan untuk menjadi bahan cocolan atau pelapis makanan agar rasanya semakin gurih. 

Salah satu jenis saus yang banyak digunakan orang ialah saus barbeque. Biasanya jenis saus ini dipakai pada aneka hidangan yang dipanggang. 

Saus barbeque akan memberikan sensasi cita rasa yang legit, gurih, manis, dan sedikit pedas pada makanan. Nah, untuk kamu yang ingin membuatnya di rumah, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan. 

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas tips membuat saus barbeque beserta resepnya. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Tips Membuat Saus Barbeque

1. Mencampurkan madu dan cuka

Tips pertama yang perlu kamu lakukan saat membuat saus barbeque adalah komposisi atau campuran bahan yang ada didalamnya. Saus barbeque terkenal dengan rasanya yang legit aga sedikit asam dan manis. Untuk mendapatkan cita rasa tersebut, kamu perlu mencampurkan sesuatu yang manis seperti madu dan cuka agar rasanya sedikit asam. 

2. Menambahkan saus tomat

Saus tomat adalah kunci rasa pedas dalam saus barbeque. Wajar saja, saus barbeque memang bukan termasuk jenis saus yang terlalu pedas, maka dari itu yang digunakan adalah saus tomat. 

Saat kamu hendak mencampurkannya, perhatikan takarannya. Sebab jika terlalu banyak, maka saus tomat akan mematikan rasa dari campuran bahan lainnya yang masuk ke dalam saus barbeque. 

3. Menambahkan aneka rempah

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempertajam aroma saus barbeque, salah satunya adalah dengan mencampurkan aneka rempah dan bahan herbal ke dalamnya. Pasalnya, beberapa herbal dapat membantu meningkatkan rasa gurih pada saus. Contoh herbal yang cocok untuk saus barbeque ialah rosemary kering, thyme, basil, sage, daun salam, ketumbar, mint, dan peterseli.

Selain itu, aneka rempah pilihan seperti kayu manis, pala, Allspice, kapulaga, dan jahe dapat kamu campurkan ke dalam saus barbeque untuk menambah rasa manis. Sementara hal-hal seperti paprika, ketumbar, jinten, dan bubuk kari dapat digunakan untuk menambah rasa gurihnya. 

Resep Saus Barbeque

Saus barbeque sebenarnya bisa dengan mudah kamu dapatkan di toko swalayan terdekat. Namun, belum tentu rasanya sesuai dengan seleramu, bukan? 

Nah, supaya kamu bisa memastikan cita rasanya, lebih baik jika kamu membuatnya sendiri di rumah. Tenang, resepnya mudah, kok. Yuk, cek resep selengkapnya di bawah ini: 

Bahan-bahan:

  • 3 sdm minyak
  • 1/2 bawang bombay
  • 3 siung bawang putih, cacah halus
  • 1 paprika merah, cacah halus
  • 8 sdm saus tomat
  • 80 gram gula palem
  • 3 sdm cuka
  • 6 sdm kecap Inggris
  • 1/2 sdt merica hitam kasar
  • 1 sdt garam
  • 2 blok kecil kaldu sapi

Cara membuat saus barbeque: 

  1. Panaskan minyak dan tumis bawang serta paprika sampai layu. Jangan sampai gosong ya.
  2. Masukkan semua bahan lain dan aduk rata.
  3. Masak saus di atas api sedang sampai panas.
  4. Masukkan semua bahan dalam blender dan haluskan.
  5. Saus BBQ siap dipakai untuk mengolesi steak atau bahan panggangan lain.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading