Sukses

Food

Mengenal Asal Usul Pembuatan Roti Canai Beserta Resepnya

Fimela.com, Jakarta Roti canai merupakan hidangan yang sangat populer di kawasan Asia Tenggara dan beberapa negara di Timur Tengah. Biasanya orang-orang akan menjadikan roti canai sebagai menu sarapan di pagi hari. 

Meskipun bentuknya pipih dan tipis, namun mengonsumsi roti canai cukup mengenyangkan. Apalagi jika kamu menyantapnya sambil ditambahi dengan berbagai topping atau isian. 

Nah, berbicara soal roti canai, apakah kamu tertarik untuk mengetahui asal usulnya? Pasalnya roti canai kerap diperdebatkan asal usulnya. Ada yang bilang jika sajian ini merupakan hidangan khas India, namun ada pula yang meyakini bahwa roti canai berasal dari Arab. 

Daripada kamu bingiung dan penasaran, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas asal usul roti canai beserta resepnya. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

 

Apa itu Roti Canai?

Roti canai atau yang lebih dikenal dengan sebutan 'roti maryam' di Indonesia merupakan roti pipih yang empuk dan dibuat tanpa menggunakan pengembang. Sebenarnya tidak ada aturan waktu untuk mengonsumsi roti canai, kamu bisa mengonsumsi menu ini kapan saja. Hanya saja budaya di berbagai negara menjadikan roti canai umumnya sebagai sajian untuk sarapan di pagi hari. 

Roti canai bisa disajikan dengan polos, namun juga bisa dikreasikan dengan beberapa isian dan topping. Sebagai contohnya, jika kamu pergi ke Malaysia, maka kamu akan mudah menemukan sajian roti canai yang dicampur dengan berbagai topping manis seperti, keju, susu kental manis, saus coklat, dan juga madu. 

Roti canai disukai banyak orang karena porsinya yang cenderung kecil sehingga ringan untuk dikonsumsi di pagi hari. Selain itu, roti canai juga memiliki tekstur yang renyah dan mudah dikunyah, ditambah lagi aroma menteganya sangat kuat.

Asal Usul Roti Canai

Beberapa sumber menyebutkan bahwa roti canai sebenarnya merupakan hidangan yang berasal dari Chennai, yakni salah satu kota di India. Namun seiring berjalannya waktu, hidangan ini pun akhirnya terkenal di banyak negara. 

Meskipun berasal dari India, roti canai di Indonesia justru diperkenalkan oleh masyarakat Arab. Hanya saja ada perubahan nama, roti canai di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan 'roti maryam'.

Di Indonesia, roti canai banyak ditemukan di restoran-restoran khas Aceh dan Timur Tengah. Adapun dua jenis hidangan roti canai yang sangat populer diantaranya adalah roti canai manis yang disajikan dengan aneka topping seperti keju, cokelat mesis, dan saus cokelat, serta roti canai gurih yang disajikan bersama cocolan kuah kari. 

Resep Praktis Roti Canai

Nah, untuk kamu yang ingin mencoba membuat roti canai di rumah, ada resep praktisnya yang bisa kamu ikuti. Menggunakan bahan dasar yang sederhana, yuk, cek resep roti canainya di bawah ini: 

Bahan-bahan:

  • 500 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 100 gram margarin cair
  • 200 ml susu cair hangat
  • 6 sdm minyak goreng (untuk rendaman)
  • garam sedikit saja
  • margarin untuk olesan

Cara membuat roti canai: 

  1. Campur susu hangat, margarin cair, dan telur yang sudah dikocok, aduk rata.
  2. Tuangkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan uleni sampai kalis.
  3. Ambil adonan kira-kira 30 gram bulatkan dan tata di dalam wadah yang sudah diberi minyak goreng.
  4. Diamkan kurang lebih 1 jam dan tutup dengan kain basah.
  5. Pipihkan adonan hingga tipis dan gulung memanjang.
  6. Gulung roti hingga membentuk huruf S dan tumpuk jadi satu dan pipihkan.
  7. Masak di atas teflon sambil diolesi margarin.
  8. Balik roti dan masak sampai sisi satunya matang.
  9. Angkat dan sajikan.

Bagaimana, mudah bukan resepnya? Untuk cita rasa yang semakin lezat, kamu bisa taburkan topping diatasnya atau sajikan bersama kuah kari yang hangat. Dijamin rasanya bakal bikin kamu ketagihan. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading