Sukses

Lifestyle

Jangan Lupa Cicip 7 Kuliner Ini Kalau Kamu ke Penang, Malaysia

Fimela.com, Jakarta Malaysia sudah lama jadi destinasi favorit bagi turis Indonesia. Jarak yang tak terlalu jauh, serta banyaknya tiket promo membuat negeri jiran jadi tempat untuk mencicip nuansa lain dengan rupa yang tak terlalu berbeda. Tak hanya jadi tempat di mana kamu bisa merasakan panorama alam dan budaya lokal, namun juga wisata kuliner.

Destinasi popularnya tak hanya Kuala Lumpur dan Malaka, Penang pun menyeruak jadi satu yang paling favorit. Deretan kuliner yang bisa didapatkan di Gurney Drive Hawker Centre, New World Park Hawker Centre, Komtar, dan food court yang tersebar di penjuru kota ini jangan sampai kamu lewatkan.

Pasembur. Walau namanya rujak khas India Malaysia namun kuliner seharga Rp. 4.000/potong ini tak terdiri dari buah-buahan, melainkan berbagai macam gorengan seperti bakwan udang, bakwan ikan bilis, dan bakso ikan. Penyajian bersama kuah asam manis dan potonga timun serta acar lobak membuat rasa pesembur kian segar. Biasanya makanan ini masuk dalam kategori halal, tapi sebaiknya kamu tanya langsung pada penjualnya.

Pasembur. | via: sbs.com.au

Char kway teow. Kwetiau goreng seafood khas Penang ini biasa dimasak dengan minyak babi. Jadi walau terdiri dari seafood, makanan ini tetap tidak halal. Namun, coba saja lihat tanda halal di kios atau langsung bertanya kepada penjualnya. Kamu bisa menikmati kuliner ini dengan harga mulai Rp. 20.000 - Rp. 50.000.

Char kway teow. | via: misstamchiak.com

Popiah. Lumpiah basah khas Malaysia ini isinya tumisan labu siam, taoge rebus, selada segar, irisan telur, dan timur. Namun, kamu jangan malu untuk bertanya apakah popiah yang hendak dibeli masuk kategori halal atau haram pada sang penjual. Mulai dari Rp. 12.000/potong kamu sudah bisa cicip nikmatnya popiah.

Popiah. | via: blog.seasonwithspice.com

Lok lok. Semacam sate celup yang terdiri dari beragam pilihan seperti bakso, sosis, sayuran, dan daging yang direbus. Cara makannya dilengkapi dengan kecap atau saus cabai. Dulu mungkin kamu bisa temukan kuliner ini di Jakarta, namun sekarang sudah sulit. Harga satu tusuk sate celup mulai dari Rp. 4.000.

Lok lok. | via: esee.deviantart.com

Nasi kandar. Bisa dibilang, kuliner ini adalah nasi padangnya Malaysia. Berupa nasi putih dengan lauk pauk pilihan sepeti ayam gulai, rendang sapi/kambing, dan ayam goreng merah. Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. 40.000, kamu sudah bisa cicipi kelezatan nasi kandar.

Nasi kandar. | via: penang.ws

Nasi lemak. Kalau orang Indonesia punya nasi uduk sebagai sarapan, Malaysia punya nasi lemak. Bedanya, nasi uduk biasa pakai saus kacang sedangkan nasi lemak gunakan sambal balacan. Kuliner ini ada yang halal dan tak halal, tergantung dari menu pendampingnya. Dihargai mulai Rp. 20.000, kios nasi lemak bisa kamu temukan di hampir seluruh penjuru kota Penang.

Nasi lemak. | via: penangmalaysia.net

Tau sar piah. Bentuknya seperti pia kacang hijau yang banyak dijual di Indonesia, namun kuliner ini jadi oleh-oleh wajib ketika pergi ke Penang. Kuliner yang dihargai satu dus Rp. 40.000 ini bisa kamu temukan di supermarket atau Chowrasta Market.

Tau sar piah. | via: fooding-singapore.com

 

Baca Juga: 7 Destinasi Terbaik di Asia untuk Para Pecinta Makanan

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading