Sukses

Food

Tips Memasak Capcay yang Gurih dan Enak, Begini Resepnya

Fimela.com, Jakarta Sajian yang berasal dari negeri tirai bambu memang sangat beragam dan beberapa diantaranya sangat terkenal di Indonesia. Sebut saja siomay, kwetiau, hingga capcay begitu menjamur dihidangkan oleh berbagai rumah makan di Indonesia. 

Untuk sajian capcay sendiri, umumnya disukai karena isinya yang terdiri beragam sayuran sehingga sehat untuk dikonsumsi atau bisa menjadi alternatif yang tepat untuk kamu yang susah makan sayur. Ditambah lagi rasanya juga terkenal gurih dan legit. 

Hidangan capcay juga kini bervariasi disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia. Ada capcay yang dihidangkan kering atau goreng, lalu ada pula capcay yang berkuah. 

Nah, jika kamu ingin mencoba membuatnya di rumah, maka ada beberapa tips yang perlu kamu perhatilkan saat memasak capcay. Apa saja tipsnya? Yuk, cek ulasan selengkapnya di bawah ini: 

Tips Memasak Capcay

1. Gunakan Beragam Jenis Sayuran Segar

Daya tarik hidangan capcay adalah komposisi sayuran yang ada didalamnya. Maka dari itu, tips pertama yang perlu kamu lakukan saat memasak capcay adalah dengan menggunakan berbagai jenis sayuran segar. 

Kamu bisa menggunakan 10 jenis sayuran yang berbeda-beda agar isi hidangan capcay semakin bervariasi. Sebagai contohnya, tambahkan sawi putih, kembang kol, wortel, jagung muda, tomat, brokoli, dan berbagai jenis sayuran lainnya.

Selain itu, hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah teknik saat memotong sayuran. Usahakan agar kamu memotongnya dengan ukuran yang sama besar agar rasa masakannya nanti menjadi lebih seimbang dan merata. 

2. Memperhatikan Urutan Komposisi Sayuran

Saat kamu memiliki beragam jenis sayuran untuk menjadi bahan isian capcay, maka kamu perlu memperhatikan uurutan komposisinya saat hendak dicampurkan ke dalam masakan. Sebab, beda jenis sayur, biasanya durasi tingkat kematangannya juga akan berbdeda-beda. 

Untuk itu, tipsnya adalah memulai dulu dari sayuran yang paling lama matang atau bertekstur keras, seperti wortel dan jagung muda. Setelah setengah matang, masukkan sayuran yang paling cepat matang, seperti sawi putih dan lainnya.

Tips Memasak Capcay

3. Menggunakan Minyak Ikan

Jika kamu ingin masakan capcay memiliki aroma yang harum dan lezat, maka disarankan agar kamu menggunakan minyak ikan daripada minyak sayur biasa. Sebab, campuran minyak ikan juga dapat menjadi pengganti kecap asin dan garam, ataupun bumbu penyedap rasa. 

4. Menambahkan Sedikit Tepung Maizena

Untuk kamu yang ingin hidangan capcay memiliki tekstur yang agak kental, maka kamu bisa menambahkan sedikit tepung maizena ke dalam masakan. Sebaiknya kamu larutkan terlebih dahulu tepung maizena dengan air sebelum dicampur ke masakan capcay. Hal ini untuk menghindari tepung maizena yang menggumpal. 

5. Menggunakan Api Besar untuk Memasaknya

Terrakhir, gunakan api besar saat kamu memasak capcay. Sebab, api yang besar akan membuat aroma asap setelah capcay matang. Namun, jangan lupa untuk terus mengaduk capcay selama memasak agar hidangan tidak hangus. 

Resep Capcay Kuah Kental Spesial

Nah, setelah mengetahui tips-tips memasaknya, sekarang saatnya kamu mulai berkreasi dan mencoba memasak capcay di rumah. Bagaimana resepnya? Yuk, cek resep capcay kuah kental spesial di bawah ini: 

Bahan sayuran:

  • 1 ikat sawi hijau, potong-potong
  • 1 buah wortel, potong korek api
  • jamur tiram secukupnya, remas-remas dan cuci bersih, suwir-suwir
  • baso sapi secukupnya, potong-potong
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 1/2 buah bawang bombay, potong-potong
  • 1/2 ruas jahe, memarkan

Bahan bumbu:

  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt kecap ikan
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1/2 sdt merica bubuk

Bahan kuah kental:

  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdt tepung beras
  • 200 ml air/ secukupnya

Cara membuat capcay kuah kental: 

  1. Tumis bawang bombay hingga harum, masukkan bawang putih dan jahe. Tumis bumbu hingga harum dan matang. Masukkan bakso.
  2. Masukkan wortel dan tuang sedikit air. Masak wortel kurang lebih 1 menit. Masukkan sawi dan jamur.
  3. Aduk-aduk lagi hingga sayur layu dan air berkurang.
  4. Tuang semua bahan campur, aduk rata. Tuang bahan kuah dan aduk rata. Jika sudah mengental dan sedap, angkat.
  5. Capcay kuah kental siap disajikan hangat.

 

What's On Fimela
Loading