Sukses

Food

Cara Menyiapkan Makanan untuk Satu Minggu, Praktis dan Tidak Ribet

Fimela.com, Jakarta Menyiapkan makanan atau yang lebih sering disebut food prep atau meal prep adalah metode mengubah bahan mentah menjadi makanan siap olah. Bahan mentah di sini adalah daging, buah, sayur, bumbu dapur, dan bahan makanan lainnya. Proses menyiapkan makanan termasuk membersihkan, mencuci, mengupas, memotong, dan mencampur dengan bahan lain.

Menyiapkan makanan untuk seminggu kedepan memiliki beberapa manfaat, antara lain menghemat waktu memasak karena bahan telah disiapkan sebelumnya, mengurangi limbah rumah tangga, dan jika cara menyimpannya benar, bahan tidak akan cepat busuk dan lebih awet. Berikut ini tips menyiapkan makanan untuk seminggu kedepan yang bisa diikuti.

1. Buah dan Sayur

Rendam sayur dalam larutan garam selama 10 menit, jika sudah tiriskan, potong-potong, taruh ke dalam wadah tertutup, lalu masukkan kulkas. Disarankan untuk memakai wadah yang memiliki saringan tapi jika tidak ada, alasi dengan tissu agar tidak lembab. Untuk sayur yang cepat layu, seperti bayam dan kangkung, langsung masukkan kulkas dan cuci saat akan mengolahnya. Untuk menyimpan buah, cukup dicuci, ditiriskan, dan ditaruh dalam wadah tertutup, kemudian dimasukkan kulkas.

2. Daging

Potong daging ayam menjadi beberapa bagian, pisahkan dari jeroan, cuci bersih, taruh dalam wadah tertutup, lalu masukkan freezer. Untuk lebih menghemat waktu, ungkep ayam terlebih dahulu agar bisa langsung digoreng saat mengeluarkannya dari freezer. Tetapi untuk daging sapi, jangan langsung mencucinya, cukup simpan dalam wadah tertutup dan masukkan freezer.

3. Makanan Laut

Cara mengolahnya sama seperti daging, yaitu bersihkan udang dan cumi-cumi, potong ikan dan pisahkan dari sisik, cuci hingga bersih, taruh dalam wadah tertutup, lalu masukkan freezer. Untuk lebih menghemat waktu, ikan bisa dimarinasi dengan bumbu terlebih dahulu. Pastikan wadah tertutup rapat agar tidak mengubah rasa dan tekstur makanan laut.

4. Makanan Siap Olah

Cara menyimpan makanan beku siap olah, seperti ketang goreng, olahan seafood, nugget, dan sosis adalah dengan langsung menaruhnya dalam wadah tertutup dan memasukkan kulkas. Cara ini bisa membuat isi kulkas tetap rapi sekaligus tidak memakan banyak tempat karena kemasan makanan beku digantikan dengan wadah.

5. Bumbu Dapur

Kupas bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, dan kencur, petik cabe dan daun jeruk, bersihkan, cuci bersih, tiriskan, taruh dalam wadah tertutup, kemudian masukkan kulkas.  Disarankan untuk memakai wadah yang ada penyaringnya tapi jika tidak ada, alasi dengan tisu agar tidak lembab. Pastikan satu wadah untuk satu jenis bumbu.

Menyiapkan makanan untuk seminggu kedepan dinilai lebih praktis daripada menyiapkannya setiap hari. Bahan makanan yang dibeli setiap hari memang lebih segar, tetapi akan membuang waktu pada saat proses mengolahnya. Sekian tips mempersiapkan makanan untuk seminggu kedepan, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mempratekkannya di rumah.

Ditulis oleh: Aulia Oktafia Mahmudah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading