Sukses

Food

Tips Menggoreng Kerupuk Agar Tidak Bantat dan Mengembang Sempurna

Fimela.com, Jakarta Memasak adalah aktivitas yang begitu menyenangkan. Apalagi jika hasil masakan yang kita buat memiliki cita rasa lezat dan disukai oleh semua anggota keluarga. Memasak sendiri ada banyak ragamnya. Ada memasak masakan kuah, masakan tumis dan gorengan. 

Bicara mengenai aktivitas memasak, salah satu aktivitas memasak yang cukup menguras emosi dan konsentrasi adalah menggoreng kerupuk. Ketika teknik yang kita miliki salah, kerupuk yang digoreng menjadi bantat, tidak mengembang dan bahkan gosong. Aktivitas menggoreng kerupuk bisa dibilang mudah-mudah sulit. 

Lalu, kira-kira bagaimana tips untuk menggoreng kerupuk dengan benar agar tidak bantat dan mengembang sempurna? Simak beberapa tips berikut ini dan coba di rumah.

Tips Menggoreng Kerupuk

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggoreng kerupuk. Hal tersebut yang paling utama adalah penggunaan minyak dan besar kecil suhu api. Berikut adalah beberapa tips menggoreng kerupuk agar tidak bantat dan mengembang sempurna. 

  1. Sebelum digoreng, sebaiknya kerupuk mentah dijemur terlebih dulu. Kerupuk yang baru saja dijemur akan lebih keras dan lebih mengembang saat digoreng. 
  2. Gunakan minyak dengan jumlah banyak. Saat menggoreng kerupuk, usahakan agar minyak merendam semua bagian kerupuk dengan sempurna. 
  3. Gunakan wajan yang tepat. Wajan yang baik untuk menggoreng kerupuk adalah wajan cekung. 
  4. Pastikan panas api untuk menggoreng kerupuk juga tepat. Panaskan minyak hingga benar-benar panas kemudian kecilkan api sampai suhu api stabil di suhu sedang. Kerupuk yang digoreng di suhu terlalu panas akan bantat dan cepat gosok. Sedangkan kerupuk yang digoreng di suhu terlalu kecil tidak akan mengembang atau mekar sempurna. 
  5. Goreng kerupuk satu persatu sambil ditekan. Hindari menggoreng kerupuk dengan jumlah banyak sekalinya menggoreng. Ini akan membuat kerupuk tidak mekar sempurna apalagi jika jumlah kerupuk yang digoreng lebih banyak dari jumlah minyak untuk menggorengnya. 
  6. Aduk kerupuk agar matang merata. Bolak-balik kerupuk yang digoreng agar kerupuk matang merata dan mekar sempurna. 
  7. Tips terakhir adalah segera angkat kerupuk yang telah matang dan renyah. Terlalu lama menggoreng kerupuk akan membuat kerupuk rentan gosong. 

Itulah tips menggoreng kerupuk agar tidak bantat dan mengembang sempurna. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading