Sukses

Food

Apa Itu Bulgogi? Kenalan dengan Makanan khas Korea Ini Yuk!

Fimela.com, Jakarta Ada banyak sekali makanan khas Korea Selatan yang akhir-akhir ini menarik perhatian orang Indonesia, semua berkat pengaruh K-POP dan drama Korea yang cukup digemari sehingga banyak orang penasaran dengan berbagai macam kuliner negeri ginseng ini. Salah satu makanan Korea Selatan yang cukup populer dan banyak diminati adalah bulgogi. Lalu apa itu bulgogi?

Apa itu Bulgogi?

Bulgogi adalah daging sapi barbekyu yang menjadi salah satu hidangan khas Korea. Daging sapi yang digunakan untuk bulgogi diiris tipis dan dibumbui dengan berbagai macam campuran saus. Daging yang digunalan bisa berupa ribeye, tenderloin, atau sirloin. Rasa bulgogi umumnya manis gurih dengan warna kecoklatan dari kecap asin dan gula yang dimasak cepat di atas api sehingga mengalami karamelisasi.

Kata bulgogi sendiri berasal dari kata 'bul' yang berarti api, dan 'gogi' yang berarti daging. Makanan ini diperkiraan berasal dari era Goguryeo Korea (abad ke-1 SM hingga abad ke-7 M) sehingga sudah menjadi makanan yang bertahan lama dan menjadi salah satu hidangan original dari Korea.

Hidangan khas Korea

Bahan dan bumbu yang digunakan untuk memasak bulgogi adalah daging sapi, kecap asin, gula pasir, minyak wijen, bawang putih halus, lada hitam giling, dan bahan lainnya seperti daun bawang, jahe, bawang bombay dan jamur. Setelah daging direndam atau dimarinasi dengan bumbu, daging akan dibakar di atas bara api hingga matang.

Bulgogi umumnya disantap bersama nasi putih hangat dan terkadang dilengkapi dengan berbagai makanan pendamping seperti selada, gochujang dan lain sebagainya. Potongan daging sapi yang melawan serat dan diiris tipis menjamin gigitan bulgogi ini empuk dan ringan di mulut. Jadi bulgogi cocok disantap semua kalangan usia karena empuk dan tidak pedas.

Itu dia makanan yang disebut dengan bulgogi asal Korea.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading