Sukses

Food

Apa itu Emulsifier dalam Pembuatan Kue dan Fungsinya? Cek Di Sini

Fimela.com, Jakarta Bagi banyak orang yang sering memasak kue mungkin sudah tak asing lagi dengan SP, TB, dan Ovalet bahan untuk membuat kue. Pada dasarnya penggunaan bahan seperti tepung terigu maupun telur dalam sebuah kue tidak cukup, dibutuhkan beberapa bahan khusus.

Banyak bahan khusus yang disajikan saat membuat roti maupun kue agar dapat mengembang dengan sempurna, bahan yang sering digunakan untuk membuat kue ini dapat kamu temukan di pasaran.

Emulfisier merupakan salah satu bahan yang sering digunakan saat memasak kue maupun roti, selain itu bahan satu ini dapat mempermudah adonan menjadi rata. Berikut penjelasan tentang emulfisier dan fungsinya yang perlu kamu tahu:

Apa itu Emulsifier?

Emulsifier merupakan salah satu bahan makanan yang sering digunakan untuk mencampurkan beberapa komponen pada kue maupun roti seperi air dan lemak dalam resepnya.

Selain itu emulsifier menjadi salah satu bahan tambahan pada produk dan beberapa makanan yang memiliki fungsi sebagai penstabil pada emulsi. Hal ini membuat amulsifier mempertahankan konsistensi serta bentu makanan serta pengembangannya.

Fungsi Emulsifier

Berikut beberapa fungsi dari penggunaan emulsifier pada kue maupun roti yang perlu kamu tahu:

1. Menyatukan Cairan dan Lemak

Emulsifier dapat menyatukan kedua bahan yang bertolak belakang, seperti cairan maupun lemak dapat disatukan dengan emulsifier. Selain itu cairan ini bisa seperti telur, air, susu, maupun minyak serta beberapa lemak seperti mentega maupun margarin.

2. Melembutkan Tekstur Cake

Penggunaan emulsifier pada cake dapat membuatnya menjadi lebih lembut, maka dari itu cake emulsifier sering disebut sebagai pelembut cake. Menyatunya cairan serta lemak pada adonan kue ternyata dapat memberikan tekstur kue menjadi sangat lembut dan tidak bantet serta dapat tercampur dengan rata.

3. Memperpanjang Umur Simpan Cake

Cake emulsifier ternyata dapat menjadi salah satu bahan pengawet pada kue karena dapat memberikan masa simpan yang cukup panjang pada kue. Selain itu adonan yang sering ditambahkan dengan emulsifier menghasilkan adonan yang tercampur rata atau tidak cair maupun padat.

Nah itulah beberapa penjelasan dan fungsi dari emulsifier dalam pembuatan cake yang sangat penting.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading