Sukses

Food

Tips Menggoreng Tempe Agar Garing dan Matang Sempurna

Fimela.com, Jakarta Tempe menjadi salah satu bahan makanan favorit sebagian besar orang. Selain harganya yang terjangkau, tempe juga kaya manfaat dan memiliki cita rasa yang sangat enak. Tempe bahkan bisa diolah menjadi berbagai masakan yang menggugah selera. 

Mengenai tempe, salah satu masakan paling digemari yang terbuat dari tempe adalah tempe goreng. Apalagi jika tempe goreng yang disajikan garing, renyah dan bumbunya meresap hingga ke dalam. Ditambah lagi jika tempe ini memiliki tingkat kematangan yang baik luar dalam. 

Agar tempe yang kita goreng garing dan matang sempurna, kira-kira seperti apa sih caranya? Simak baik-baik tipsnya di bawah ini dan smeoga bermanfaat.

Pemilihan Tempe

Sebelum menggoreng tempe, pilih tempe yang sudah jadi tempe secara baik. Artinya, tempe bukan masih berupa kedelai atau tempe sudah terlalu matang (semanggit).

Pilih tempe yang masih segar dan berkualitas baik. Pilih juga tempe dengan kepadatan yang pas.

Mengiris Tempe

Usahakan untuk mengiris tempe dengan irisan yang tidak terlalu tebal. Tempe yang diiris terlalu tebal akan membuat bagian dalam tempe tetap basah meski telah digoreng dalam waktu cukup lama. Sebaiknya iris tempe dengan ketebalan tidak lebih dari 1 cm.

Marinasi Tempe dengan Bumbu

Jika ingin menggoreng tempe dengan cita rasa gurih dan bumbunya meresap, sebelum tempe digoreng sebaiknya marinasi tempe. Teknik ini akan membuat bumbu tempe goreng meresap dengan baik. Biasanya bumbu tempe goreng adalah garam, bawang putih, ketumbar dan kunyit yang telah dihaluskan atau bubuk. 

Gunakan Minyak Banyak (Deep Frying)

Untuk menghasilkan tempe goreng yang garing, disarankan agar kamu menggoreng tempe dengan metode deep frying. Metode ini menggunakan minyak banyak dan api sedang yang stabil saat penggorengan. Ini akan membantu tempe garing dan renyah di luar hingga dalam. Ini juga akan membuat tempe goreng matang sempurna tanpa takut membuat bagian luar tempe gosong.

Tempe Goreng Tepung

Untuk tempe goreng tepung, sebaiknya gunakan tepung yang mampu membuat tempe goreng lebih renyah dan krispi sebagai bumbu. Tambahkan tepung beras atau tepung maizena sebagai adonan untuk tepung tempe goreng. Selain membuat tempe goreng tepung renyah dan garing, tepung beras juga akan membuat kerenyahan tempe goreng tahan lebih lama. 

Itulah tips agar tempe goreng garing dan renyah. Semoga tips ini bermanfaat dan semoga keluarga di rumah suka.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading