Sukses

Food

Tips Menggoreng Kacang Tanah Agar Renyah dan Matang Sempurna

Fimela.com, Jakarta Kacang tanah menjadi salah satu bahan makanan yang kaya akan manfaat buat kesehatan. Kacang tanah juga bisa diolah menjadi berbagai makanan serta camilan yang menggugah selera. Salah satu camilan dari kacang tanah adalah kacang goreng. 

Selain enak dijadikan camilan, kacang goreng juga merupakan bahan utama untuk membuat aneka sambal kacang enak. Bicara mengenai kacang goreng, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar kacang goreng renyah, matang sempurna dan tidak gosong. Bagaimana tipsnya? Simak yang berikut ini.

Pilih Kualitas Kacang yang Bagus

Saat membeli kacang usahakan membeli kacang yang berkualitas baik. Pilih kacang yang masih baru dikupas dan bersih. Sebelum digoreng, sempatkan untuk mencuci kacang kemudian jemur di bawah terik matahari agar kacang lebih mudah kering dan renyah setelah digoreng.

Perhatikan Jumlah Minyak

Tips selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah jumlah minyak. Gunakan minyak yang cukup untuk menggoreng kacang. Perbandingan jumlah kacang dan jumlah minyak adalah 1 :1,5. Hindari menggunakan minyak terlalu sedikit atau minyak terlalu banyak karena ini bisa memengaruhi kematangan kacang. 

Gunakan Api Kecil Cenderung Sedang

Hindari menggoreng kacang dengan api yang terlalu panas. Sebaiknya goreng kacang dengan api kecil yang cenderung sedang. Menggoreng kacang dengan api kecil ke sedang akan membuat kacang lebih mudah matang secara sempurna.

Terus Aduk Kacang Saat Menggoreng

Saat menggoreng kacang, terus aduk kacang. Mengaduk kacang akan membuat kacang matang sempurna. Mengaduk kacang juga akan membuat kacang lebih rendah berisiko meletus dan gosong sebagian. 

Angkat Kacang Sebelum Berwarna Cokelat

Segera angkat kacang sebelum berwarna cokelat. Ketika buih dalam minyak sudah cukup berkurang dan terdengar beberapa suara kacang meletus, usahakan untuk mengangkat kacang. Segera tuang kacang di wadah yang lebar agar kacang tidak menumpuk satu sama lain dan cepat dingin. Saat masih panas kacang bisa saja bertekstur alot. Tapi setelah dingin kacang akan lebih renyah dan garing. 

IItulah beberapa tips mudah menggoreng kacang tanah. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading