Sukses

Food

Tips Memasak Daun Singkong Tetap Hijau yang Anti Gagal

Fimela.com, Jakarta Daun singkong menjadi salah satu sayuran yang cukup digemari oleh masyarakat. Daun singkong biasanya dimasak sebagai sayur bobor atau cukup ditumis bersama daun pepaya dan ikan teri. Tak hanya memiliki rasa yang lezat, daun singkong juga memiliki banyak nutrisi untuk kesehatan tubuh. Daun singkong bahkan baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah rendah karena ini bermanfaat sebagai tambah darah. 

Bicara mengenai daun singkong, memasak sayur daun singkong bisa dibilang gampang-gampang susah. Salah dalam memasak daun singkong akan membuatnya alot dan warnanya kehitaman. Jika warna sayur ini kehitaman, tentu tak akan menarik dan menggugah selera lagi bukan? Lantas, bagaimana caranya untuk memasak daun singkong agar tetap hijau?

Tips Memasak Daun Singkong

Ada beberapa tips serta langkah-langkah yang penting diperhatikan saat memasak daun singkong agar tetap hijau, teksturnya lebih empuk dan lembut serta rasanya tetap segar. Berikut tipsnya dan simak baik-baik ya. 

  1. Pilih daun singkong yang masih muda. Daun singkong yang masih muda akan terlihat lebih hijau dan cepat empuk saat dimasak. 
  2. Rebus air hingga mendidih. Sebaiknya gunakan air sumur untuk merebus daun singkong karena air sumur akan membuat aneka sayur tetap terlihat hijau dan segar setelah direbus. 
  3. Masukkan daun singkong yang telah disiangi ke dalam rebusan air yang telah mendidih. Rebus kira-kira selama 10 - 15 menit dengan api sedang agar daun singkong matang merata. Usahakan agar panci tetap terbuka (jangan menutup panci). 
  4. Saat merebus daun singkong, tambahkan 1 sdt soda kue. Soda kue bermanfaat membuat daun singkong tetap hijau dan terlihat segar. Ini juga membuat daun singkong lebih empuk. 
  5. Setelah daun singkong empuk, angkat daun singkong kemudian rendam dengan air es. 
  6. Selanjutnya kamu bisa mencuci daun singkong yang telah direbus dengan air biasa hingga bersih. Peras air daun singkong agar sayuran ini tidak langu. 
  7. Masak daun singkong yang telah direbus dan diperas sebagai masakan yang diinginkan. Bisa sebagai sayur bobor atau ditumis. 

Itulah tips memasak daun singkong agar tetap hijau dan empuk. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading