Sukses

Food

Resep Es Air Mata Pengantin, Minuman Manis Menyegarkan khas Riau

Fimela.com, Jakarta Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia merupakan negeri yang kaya akan ragam kulinernya. Indonesia memiliki banyak sekali makanan dan minuman khas yang enak dan unik. Tak jarang, makanan dan minuman khas ini menjadi sebuah ikon dari wilayah tertentu di Indonesia. Setiap provinsi di Indonesia pastinya memiliki makanan dan minuman yang lezat dan unik yang dapat dijadikan sebuah kebanggaan dari wilayah tersebut. Salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak makanan dan minuman khas yang lezat dan unik adalah Provinsi Riau. Di Provinsi Riau ada minuman dengan nama unik yaitu Es Air Mata Pengantin.

Es air mata pengantin, adalah minuman manis dan menyegarkan khas Provinsi Riau. Walau nama minuman ini terdengar melankolis, minuman ini justru merupakan simbol kebahagiaan. Dinamakan es air mata pengantin karena minuman ini sering disajikan pada acara pernikahan dimana pada hari sakralnya tersebut sang pengantin tidak henti-hentinya menangis karena bahagia.

Pada dasarnya es air mata pengantin ini mirip dengan es campur pada umumnya. Es air mata pengantin ini terdiri dari berbagai macam agar-agar yang kenyal dan berwarna-warni, biji selasih, sirup, dan es batu. Sebagai pelengkap biasanya ditambahkan blewah ke dalam es ini agar semakin menambah kekayaan rasanya.

Untuk kamu yang ingin mencoba minuman ini kamu tak perlu menunggu adanya upacara pernikahan atau bagi kamu yang ada diluar Provinsi Riau kamu tak perlu jauh-jauh pergi kesana. Kamu dapat membuat es yang manis dan menyegarkan ini dirumah. Untuk kamu yang ingin mencoba membuat es ini dirumah, kamu bisa simak resep dan cara membuatnya bawah ini.

Bahan-bahan

  1. 1 bungkus agar agar bubuk tanpa warna
  2. 100 gr gula pasir
  3. 3 Pewarna makanan (Sesuaikan warnanya sesuai keiinginan)
  4. Selasih (secukupnya)
  5. Sirup Cocopandan (Secukupnya)
  6. Es batu (Secukupnya
  7. 700 ml Air

Cara Membuat

  1. Campurkan agar agar bubuk dengan gula pasir, tambahkan air, aduk rata, dan masak hingga mendidih
  2. Setelah mendidih, pindahkan dan bagi agar-agar tersebut kedalam tiga wadah. Beri pewarna makanan dengan warna yang berbeda di setiap wadahnya. Tunggu hingga agar-agar menjadi padat
  3. Setelah agar-agar padat, serut agar-agar tersebut.
  4. Masukkan tiga warna serutan agar-agar tersebut kedalam gelas secara bergantian.
  5. Tambahkan es batu, chiaseed, dan sirup cocopandan di atas nya, dan es air mata pengantin siap dinikmati.

Itulah resep dan cara membuat es air mata pengantin khas Provinsi Riau yang manis dan menyegarkan. Selamat mencoba

 

Penulis: Diah Ayu V.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading