Sukses

Food

Tips Menyimpan Buah Mangga Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Buah mangga menjadi salah satu buah favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Buah mangga adalah salah satu buah musiman yang tak bisa ditemukan di setiap waktu. Jadi, setiap musim buah mangga, ini menjadi momen tepat untuk membeli buah mangga dalam jumlah banyak agar buah tersebut bisa disimpan di waktu yang cukup lama. 

Tapi, apakah buah mangga bisa disimpan di waktu yang lama? Benarkah buah mangga tidak busuk atau mengalami kerusakan saat disimpan dalam waktu yang lama? Mengutip dari berbagai sumber dan dari hasil pengalaman sendiri, ada dasarnya buah mangga bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama. Dengan catatan buah ini disimpan dengan cara yang tepat. 

Berikut adalah beberapa cara atau tips menyimpan buah mangga agar tetap segar dan tahan lebih lama. Simak dan jangan lupa untuk menerapkannya di rumah.

Beli Mangga yang Belum Matang

Saat membeli buah mangga, tips pertama yang perlu diperhatikan adalah beli buah mangga yang belum matang. Buah mangga yang belum matang akan tahan lebih lama dan butuh beberapa hari agar matang dan siap dikonsumsi. Buah mangga yang masih mentah atau keras juga tidak akan rentan busuk meski telah disimpan selama berhari-hari.

Simpan Buah Mangga di Kulkas

Menyimpan buah mangga di kulkas akan membuat buah mangga tahan lebih lama. Menyiman buah mangga di kulkas ini bisa untuk buah mangga yang belum dikupas maupun yang sudah dikupas. Dalam kulkas buah mangga bisa bertahan hingga beberapa hari.

Simpan Buah Mangga Potong

Jika kamu ingin menyimpan buah mangga yang sudah dipotong di kulkas, sebaiknya tempatkan buah tersebut di wadah tertutup. Simpan buah mangga potong di stoples, kotak buah atau plastik yang kedap udara. Dengan cara penyimpanan ini, buah mangga potong bisa bertahan hingga dua sampai tiga hari dan tetap fresh.

Simpan di Dalam Freezer

Untuk menyimpan buah mangga dalam waktu yang sangat lama, sebaiknya potong buah mangga seukuran dadu dan simpan di plastik kedap udara. Simpan buah mangga dalam porsi sekali makan dan menjadi beberapa porsi. Letakkan buah mangga ini di dalam freezer dan jika ingin menikmatinya, ambil satu porsi yang diinginkan. 

Itulah beberapa tips menyimpan buah mangga agar tahan lebih lama dan awet segar. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading